Tips Cegah Bulu Tumbuh dalam Kulit




Setelah membersihkan bulu-bulu menggangu, masalah yang sering muncul adalah pertumbuhan bulu di dalam lapisan kulit atau ingrown hair. Bukan hanya menggangu penampilan namun kadang juga menimbulkan rasa sakit di kulit.

Ingrown hair ini, akan terlihat seperti benjolan kecil, bisa berwarna merah atau coklat. Ini bisa terjadi ketika bulu tumbuh di dalam folikel dan bukan di luar. Menurut dr. Kshama Vibhakar, seorang dermatolog, benjolan tersebut juga bisa mengalami infeksi dan menyebabkan folikulitis.

Folikulitis terjadi karena penyumbatan pada folikel rambut. Bisul atau jerawat juga mungkin terbentuk di dalam folikel rambut, yang kemudian menimbulkan rasa gatal dan juga bisa menyebabkan pembentukan nanah.

Masalah ini sering terjadi pada wanita yang suka membersihkan bulu. Baik dengan cara waxing atau shaving. Lalu, apa pemicu utamanya?

“Tidak melakukan waxing atau shaving secara benar adalah alasan utama pemicu ingrown hair. Saat kulit belum meregang secara sempurna, bulu sudah dibersihkan dan hanya sebagian yang terangkat. Bulu yang tak tercabut akan menurun dan tumbuh di dalam folikel rambut,” kata dr. Kshama Vibhakar, dikutip dari Times of India.

Hal itulah yang menyebabkan ingrown hair. Pori-pori juga bisa tersumbat, dan berisiko mengalami infeksi yang memicu folikulitis. Agar hal ini tak terjadi dr. Vibhakar menyarankan untuk membersihkan bulu, saat bulu sudah tumbuh sempurna.

“Bulu tidak bisa ditarik seluruhnya jika tumbuh sangat pendek. Oleh karena itu, jangan melakukan waxing atau shaving saat bulu masih sangat pendek,” kata dr. Vibhakar.

Pencegahan

Jika Anda mencukur bulu di salon, instruksikan pada terapis untuk menunggu hingga kulit benar-benar meregang sebelum melakukan pencabutan. Lalu, jika Anda membersihkan bulu dengan pisau cukur, ingatlah untuk mencukur searah pertumbuhan rambut dan bukan sebaliknya.

Pastikan juga untuk membasahi bulu, setidaknya lima menit sebelum bercukur. Itu karena, ketika masih basah bulu akan lebih lembut dan lebih mudah dibersihkan. Membasahinya dengan air hangat, juga akan sangat membantu kulit untuk meregang.

Melakukan eksfoliasi juga bisa mengurangi risiko ingrown hair. Anda bisa memanfaatkan lulur atau gula yang dicampur dengan minyak zaitun. Ini bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan sisa kulit mati, yang menyumbat pori-pori dan agar hasil waxing atau shaving jadi lebih maksimal.

sumber: VIVAnews

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tips Menjaga Kulit Lembab 24 Jam
  2. Tips Memilih Lipstik Yang Cocok Untuk Anda
  3. Menata Rambut Tanggung, Agar Keliatan Sexy
  4. Kenapa Wanita Jepang Tetap Cantik dan Singset? Ini Rahasianya
  5. Sering Pakai Bulu Mata Palsu ? Inilah Aturan Memakainya
  6. 4 Tips Saat menggunakan Tabir Surya
  7. Inilah 5 Ritual Kecantikan yang Malah Menjadikan Kulit Keriput
  8. 4 Trik Koreksi Kekurangan di Wajah Anda
  9. Inilah 9 Mitos Tentang Kecantikan
  10. 10 Tips Atasi Lingkaran Hitam di Mata


..
26 queries in 1.942 seconds.
eXTReMe Tracker