Inilah 4 Tips Saat Melakukan “Scrub” Wajah




Inilah 4 Tips Saat Melakukan “Scrub” Wajah. Kulit wajah yang kusam dan kasar tak selalu bisa diatasi hanya dengan mencucinya dengan sabun muka atau masker. Anda juga perlu melakukan eksfoliasi, atau pengelupasan, untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan merontokkan lemak berlebih atau jerawat. Eksfoliasi juga meningkatkan aliran darah ke wajah, sehingga memberikan tampilan wajah yang berseri-seri.

Namun, kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa teknik pengelupasan yang kita lakukan ternyata kurang tepat. Jika caranya salah, kulit tidak menjadi mulus, malah mungkin meradang. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, coba gunakan cara berikut.

Lakukan pengelupasan pada pagi hari. Kulit akan melakukan regenerasi pada malam hari, sehingga pagi hari merupakan waktu yang pas untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun, jangan menggosok kulit terlalu kencang dan terlalu sering. Sekali atau dua kali seminggu sudah cukup, meskipun kulit Anda tergolong berminyak (untuk kulit yang sensitif, cukup sekali seminggu). Melakukan pengelupasan secara berlebihan tidak baik untuk kulit Anda yang lembut. Sehabis melakukan pengelupasan atau scrubbing, aplikasikan moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit dan mengatur produksi minyak.

Gosok dengan lembut. Basuh muka dengan air hangat, lalu mulailah menggosok wajah dengan gerakan memutar ke arah atas. Namun, menurut Henriksen, kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat men-scrub wajah adalah menggosoknya terlalu keras. “Gosok perlahan saja, biarkan partikel eksfoliasi yang bekerja. Anda hanya membantu agar partikel tersebut meluncur di sekujur wajah; dengan cara itu kulit akan terasa nyaman dan Anda sendiri tidak berlebihan memperlakukannya,” katanya.

Pilih produk scrub yang tepat. Butiran scrub yang kasar kadang-kadang bisa membuat wajah memerah. Sebaiknya Anda menggunakan scrub yang juga disebut mikrodermabrasi. Artinya, butiran scrub yang digunakan lebih kecil, sehingga tidak akan merusak kulit. Scrub mikrodermabrasi biasanya menggunakan gula, biji jojoba, dan tepung almond. Bahan-bahan ini efektif menyingkirkan sel-sel kulit mati namun tidak terlalu kasar untuk kulit.

Ketahui jenis kulit Anda. Sebelum membeli produk scrub untuk wajah, amati jenis kulit Anda. Ole Henriksen, pendiri brand skincare Eponymous, menyarankan Anda untuk berdiri di bawah cahaya matahari dalam kondisi kulit yang sudah dibersihkan, lalu berkaca. Apakah kulit Anda tergolong kering? Jika ya, pilih produk yang bahannya lembut. Jika kulit Anda berminyak, pastikan Anda tidak menghilangkan terlalu banyak minyak dan malah memperburuk kondisi kulit Anda. Kalau kulit Anda cenderung berjerawat, konsultasikan dulu dengan dokter kulit sebelum melakukan pengelupasan. Hal terpenting saat mengeksfoliasi adalah mengetahui apa yang Anda lakukan.

Sumber: StyleList, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 4 Kebiasaan Buruk Penyebab Keriput
  2. Cara Membuat Masker Wortel Untuk Pelindung Sinar Matahari
  3. Berikut 5 Kebiasaan Salah Yang Sering Kita Lakukan Pada Wajah
  4. Penyebab Pori – Pori Menjadi Besar dan Perawatannya
  5. Inilah 5 Manfaat Daun Mint Untuk Kecantikan
  6. Inilah Cara Terbaik Menangani Jerawat
  7. 7 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Sulam Bibir
  8. Inilah 5 Santapan untuk Menutrisi Kulit
  9. Inilah Cara Tepat Merawat Wajah dan Mata
  10. Jangan Gunakan 5 Produk Kecantikan Ini di Wajah Anda


..
26 queries in 0.968 seconds.
eXTReMe Tracker