Basmi Komedo Dengan 5 Cara Ampuh Berikut Ini




Basmi Komedo Dengan 5 Cara Ampuh Berikut Ini. Komedo hitam di wajah menjadi masalah penting yang harus diatasi, karena pasti akan merusak tampilan Anda. Menurut Dr Alicia Zalka, dermatologis klinik Surface Deep di Connecticut, Amerika, komedo hitam adalah kombinasi minyak pada wajah dan kotoran yang menempel pada pori kulit. Bila dibiarkan, komedo akan menyumbat pori-pori dan akhirnya membuat wajah terlihat kusam.

Ia menambahkan, ada banyak penyebab timbulnya komedo ini, antara lain usia, cara perawatan kulit, hormon, dan genetik. Jika beberapa produk penghilang komedo instan yang ada di pasaran tidak mampu menghilangkan komedo dengan sempurna, ada beberapa alternatif lain yang mungkin bisa membantu Anda. Namun, ingatlah untuk tidak menekan atau mencongkel komedo dengan berbagai cara. Cara ini akan membuat kulit Anda meradang, infeksi, dan menyebabkan timbulnya jaringan parut pada kulit.

1. Baking soda
“Pengelupasan kulit mati merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi timbulnya komedo,” ujar Zalka. Untuk hasil lebih efektif, gunakan saja baking soda. Baking soda merupakan bahan aktif yang biasa digunakan dalam teknik mikrodermabrasi untuk mengelupaskan kulit.

Jika digunakan secara teratur, baking soda bisa membantu untuk meminimalisasi komedo. Caranya, campur baking soda dengan air dan aduk sampai terbentuk pasta. Gosokkan dengan lembut di wajah, kemudian diamkan sampai mengering dan bilas. Jika tak punya baking soda, Anda bisa menggunakan cuka apel untuk membersihkan pori-pori wajah. Cuka apel memiliki sifat astringent dan anti bakteri, sehingga membantu mengurangi timbulnya komedo.

2. Masker tanah liat
Dr Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatology mengungkapkan bahwa kandungan kaolin yang ada di dalam masker tanah liat ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah komedo. Selain itu, tanah liat yang punya daya serap tinggi akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

3. “Pore strips”
Jika ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan plester pengangkat komedo yang ada di pasaran. “Plester komedo ini memang bisa membantu mengangkat komedo dan memperbaiki struktur pori. Namun komedo akan tetap datang kembali kecuali Anda merawat kulit dengan tepat dan rutin membersihkan muka untuk mencegahnya datang kembali,” saran Zalka.

4. Asam salisilat dan “glycolic”
“Cara terbaik untuk memecah minyak yang menyumbat pori-pori adalah dengan menggunakan beta-hydroxy acid atau asam salisilat,” ungkap MacGregor. Asam salisilat dan glycolic ini membantu menyerap minyak dan membersihkan permukaan pori sehingga akan mencegah terbentuknya komedo. Biasanya, kedua bahan aktif ini banyak terdapat dalam produk sabun pembersih, ataupun pembersih wajah anti jerawat.

5. Mikrodermabrasi
Jika memiliki uang lebih, dan ingin komedo hilang lebih lama, maka mikrodermabrasi bisa jadi jawabannya. Selain menghilangkan komedo, prosedur ini juga akan membantu memperbaiki tekstur dan tampilan kulit.

Sumber: huffingtonpost, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Hilangkan Flek Hitam di Wajah, Ikuti 6 Trik Berikut Ini
  2. Inilah Alasan Jangan Menggunakan Air Hangat Untuk Cuci Muka
  3. Sinar Matahari Bantu Atasi Jerawat
  4. Tips Memilih Foundation Sesuai Jenis Kulit
  5. Tips Mengetahui Bentuk Wajah Anda Baca Disini
  6. Haluskan Wajah dengan Face Oil / Minyak Wajah
  7. Inilah Manfaat Melakukan Facial Secara Teratur
  8. Cara Hemat Untuk Kulit Wajah Bersinar Mau? Baca Disini
  9. Cara Alami Hilangkan Noda Hitam Di Wajah
  10. Inilah Cara Jadikan Kopi Sebagai Perawatan Wajah


..
27 queries in 0.540 seconds.
eXTReMe Tracker