5 Langkah Menyiapkan Kulit Wajah Sebelum Riasan




Tak bosan-bosannya para perias wajah mengatakan, bahwa riasan yang cantik akan terlihat memesona pada kanvas yang baik. Artinya, riasan akan makin terlihat menarik pada wajah yang mulus dan terawat. Selain perawatan yang rutin, seperti membersihkan kulit, di pagi dan malam hari, selalu memakan makanan yang baik, dan minum air putih, ada langkah-langkah persiapan yang dibutuhkan kulit untuk tampil prima sebelum dirias. Ini langkah-langkahnya

1. Bersihkan dan seimbangkan kulit
Memilih pembersih yang benar adalah langkah pertama untuk menyiapkan kulit sebagai kanvas yang baik. Jika kulit Anda sensitif, pastikan kulit Anda jauh dari bahan-bahan yang terlalu keras, seperti kandungan witch hazel dan hydroxyl atau glycolic acids. Bahan-bahan tersebut bisa mengiritasi kulit dan mengakibatkan kemerahan. Cari pembersih wajah yang cukup lembut untuk mendapatkan hasil terbaik. Cari pembersih yang memiliki pH seimbang. Kulit, secara alami memiliki pH antara 4,5-6. Semakin rendah nilai pH pembersih, semakin asam kandungannya. Makin tinggi nilainya, makin netral, nilai tertinggi adalah 7. Kulit butuh sedikit keasaman untuk membunuh bakteri, jadi, jika Anda tak punya masalah pada kulit, carilah pembersih yang tepat keseimbangan pH-nya. Jika ada masalah dengan jerawat, cari yang tingkat keasamannya lebih tinggi, karena bakteri tumbuh dalam keadaan alkaline (basic). Seusai dibersihkan, selalu pastikan kulit sudah terbasuh sempurna, dan tidak ada residu agar make-up bisa menempel sempurna.

2. Eksfoliasi kulit wajah dan leher
Tak ada yang suka melihat make-up menggumpal. Jadi, pastikan untuk menghindari penyebab kesalahan dalam merias wajah ini, yakni sel-sel kulit mati. Eksfoliasi adalah mengikis lapisan sel kulit mati yang menumpuk pada bagian atas kulit wajah yang menutup sel kulit muda di bawahnya. Cari scrub yang cukup lembut yang mengandung bulir-bulir kecil dalam bentuk bulat. Jangan lupa untuk mengeksfoliasi leher Anda juga. Pastikan Anda membasuh bersih seluruh eksfoliatornya setiap kali digunakan. Anda bisa menemukan eksfoliator semacam ini pada cairan pembersih wajah. Tetapi pastikan wajah Anda tidak dalam kondisi radang akibat jerawat, karena jerawat yang meradang ketika terkena gesekan bisa tambah parah.

3. Serum
Ini adalah salah satu langkah yang paling sering terlupakan, padahal cukup penting. Gunakan serum ini sebelum mengaplikasikan pelembap untuk menginfuskan vitamin dan mineral langsung ke dalam kulit. Setelah eksfoliasi adalah waktu yang paling tepat untuk menggunakan serum, karena pori-pori dalam keadaan terbuka dan bersih. Gunakan serum yang mengandung vitamin C untuk melembutkan kulit dan sodium hyaluronate untuk menutup kelembapan, atau cari yang mengandung tumbuhan dan menghidrasi kulit, meminimalisir penuaan dini.

4. Hidrasi kulit
Gunakan pelembap yang tepat untuk kulit dan memberikan kelembapan dalam waktu lama. Ini akan membuat kulit lebih kenyal, terlihat halus, mulus untuk aplikasi make-up yang tahan lama. Cari yang mengandung SPF, atau gunakan tabir surya setelah aplikasi pelembap.

5. Primer
Alas bedak, atau dikenal pula dengan face primer adalah salah satu rahasia dari para model untuk tampil tanpa cela. Sesudah pelembap dan tabir surya, gunakan primer yang mengandung silikon. Silikon akan menutup celah-celah yang ingin ditutupi, membuat wajah terlihat mulus dan lebih rata untuk diaplikasikan make-up. Tambahannya, primer membantu melindungi kelembapan kulit dan menjaga agar kelembapan kulit tidak berkurang, serta mencegah agar minyak pada kulit tidak bercampur dengan bedak.

Sumber: Shine, kompas.com, Editor: NF

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 9 Bahan Utama untuk Merawat Kulit
  2. Jerawat Membandel Sembuh dengan Psychodermatology
  3. Kata Ahli Kecantikan Inilah Penyebab Jerawat
  4. Cara Hilangkan Hitam Pada Wajah (Noda Matahari)
  5. Cara Membersihkan Wajah Berjerawat
  6. Wajah Segar dengan Masker Alpukat-Timun
  7. Inilah 4 Kebiasaan Buruk Penyebab Keriput
  8. Totok Aura Bikin Wajah Lebih Segar Lho
  9. Semangka Untuk Kulit Lebih Cerah
  10. Inilah Kehebatan Jus Jeruk untuk Kulit, Rambut dan Kuku


..
26 queries in 1.354 seconds.
eXTReMe Tracker