Cara Warnai Rambut Hanya Bagian yang Beruban




Uban sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Faktor usia, stres, sampai faktor genetik, bisa memengaruhi tumbuhnya rambut putih ini. Namun, gaya hidup dan keinginan untuk selalu terlihat awet muda dengan rambut yang hitam, membuat banyak orang khususnya ingin menutupi ubannya.

“Salah satu cara yang paling banyak dipilih adalah dengan mengecat rambut beruban,” ungkap ahli tata rambut Rudy Hadisuwarno dalam acara talkshow “Perfect Healthy Hair in Just A Minute” dalam acara di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Masalahnya, tidak semua bagian rambut berubah menjadi putih. Hanya saja, dengan alasan kepraktisan dan ingin warna rambut terlihat merata, maka pewarnaan rambut dilakukan pada seluruh bagian rambut. “Sebaiknya warnai rambut di bagian rambut beruban saja, tidak perlu semuanya,” beber Rudy.

Selain membuang-buang cat rambut, pewarnaan rambut di seluruh bagian juga menimbulkan akibat buruk pada rambut yang masih berwarna hitam. Paling tidak sebulan sekali, rambut beruban ini harus dicat ulang. Jika bagian yang tak beruban terlalu sering untuk dicat, akan terjadi penumpukan bahan kimia dari cat rambut yang sebenarnya tidak dibutuhkan rambut hitam. Cat rambut ini akan membuat rambut, terutama di bagian ujungnya, menjadi getas atau kering.

“Pada akhirnya, jika tidak dirawat dengan tepat bisa membuat rambut menjadi kusam, patah, dan rusak,” tukasnya.

Gunakan sisir
Salah satu kekhawatiran ketika mengecat rambut hanya pada bagian beruban saja adalah adanya perbedaan warna pada helaian rambut, atau belang. Namun, sebenarnya hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena ada cara mudah untuk menyamakan warna setiap helaian rambut. “Proses pewarnaan rambut ini bisa dan mudah dilakukan sendiri di rumah,” ungkapnya.

Rudy menyarankan, setiap selesai mewarnai rambut pada bagian beruban, gunakan bantuan sisir untuk meratakan warnanya. Celupkan sisir ke dalam air, kemudian sisir rambut ke arah belakang sampai rambut ini tertata rapi dan rata. Kemudian diamkan lima menit, dan cucilah rambut seperti biasa.

“Sisir bisa membantu meratakan cat rambut ke seluruh bagian rambutnya, dan mengurangi penumpukan cat rambut pada rambut yang berwarna hitam,” sarannya.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 3 Tips Memilih Perawatan Tubuh
  2. 5 Langkah Mudah Mengatasi Selulit
  3. 5 Makanan Berikut, Bantu Capai Berat Badan Ideal
  4. Inilah 5 Kebiasaan, Membuat Anda Kelihatan Lebih Tua
  5. Mau Kulit Sehat dan Awet Muda Selamanya? Begini Caranya
  6. Inilah 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Mandi
  7. Inilah 3 Jenis Pelembab Tubuh dan Fungsinya
  8. Cantik Alami Bisa Berawal dari Dapur, Bahan Dapur Untuk Kecantikan
  9. Merawat Tangan Agar Awet Muda, Berikut Tipsnya
  10. 10 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Usia 30


..
20 queries in 1.109 seconds.
eXTReMe Tracker