Tips Cegah Rambut Lepek Berminyak




RAMBUT lepek dan berminyak memang sangat menyebalkan karena merusak penampilan. Rambut terkulai layu, membosankan, dan terlihat jauh dari menarik.

Salahkan orang tua Anda. Sebab, gen mengontrol ukuran dan bentuk folikel rambut. Rambut yang halus memiliki struktur internal lebih ramping dibandingkan rambut kasar. Akibatnya, rambut menjadi kurang bervolume.

”Setiap folikel rambut memiliki setidaknya satu kelenjar minyak yang melekat padanya. Semakin sedikit luas permukaan berarti minyak lebih banyak menutupinya, membuat rambut menjadi lepek,” jelas David Kingsley, Ph.D., spesialis rambut dan kulit kepala di New York.

Perawatan harian
Untuk mengatasinya, cuci rambut setiap hari untuk membilas minyak berlebih atau sebum. Sebaiknya, gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak yang bebas dari minyak dan silikon seperti dimethicone. Bahan-bahan tersebut ditujukan untuk rambut kering atau rusak, dan meninggalkan lapisan residu yang menutupi kutikula.

Selain itu, gunakan kondisioner secara hemat. Aplikasikan kondisioner dari bagian tengah helai rambut sampai ke ujung. Hindari bagian pangkal rambut dan kulit kepala. Selain itu, hindari pula mandi dengan air hangat. Sebab, air panas memperburuk kondisi kulit kepala dan menyebabkan kelenjar sebasea memproduksi lebih banyak minyak.

Produk penata rambut
Untuk menata rambut, pilih produk volumizing spray dan losion yang menambah volume rambut agar tidak terlihat lepek. Produk ringan ini melapisi rambut helai demi helai dan membuatnya tampak lebih tebal.

Selain itu, gunakan dry shampoo untuk menyerap minyak berlebih di rambut dalam kondisi darurat. Misalnya, ketika Anda tidak sempat keramas namun harus tampil prima. Semprotkan dry shampoo di kulit kepala, diamkan sebentar, lalu sisir seperti biasa.

Jika terpepet, bisa juga menggunakan bedak bayi yang ditaburkan ke kulit kepala. Pastikan saja Anda tidak meninggalkan noda putih di rambut setelahnya.

Model rambut
Untuk pilihan model rambut, coba bob panjang (lob = long bob) dengan layer lembut di sekitar wajah. Meningkatkan volume adalah kuncinya. Jadi, tinggalkan model rambut panjang karena akan terkulai lemas dan melekat di kulit kepala. Pertimbangkan untuk memotong rambut sepanjang dagu atau di atas pundak.

Minta penata rambut untuk memangkas bagian belakang rambut dengan panjang yang sama dan menambahkan poni samping, atau memberikan layer lembut yang membingkai wajah.

sumber: Yulia Permatasari, mediaindonesia.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Haruskah Ganti Sampo?
  2. Cara Alami Atasi Kulit Kepala yang Kering
  3. Tips Sederhana Agar Rambut Bebas Ketombe
  4. Akan Hadir, Gel Penghambat Pertumbuhan Rambut
  5. Siklus Tidur Dipengaruhi Akar Rambut
  6. Manakah yang Lebih Baik Keramas Malam Atau Pagi?
  7. Inilah 7 Zat Kimia Berbahaya di Produk Perawatan Rambut Anda
  8. Cara Menggunakan Kertas Minyak Dengan Baik dan Benar
  9. Inilah Cara Keritingkan Rambut Sendiri
  10. Inilah 9 Penyebab Tumbuhnya Uban


..
22 queries in 1.154 seconds.
eXTReMe Tracker