Perawatan Rambut Agar Tetap Kuat




Mencoba memanjangkan rambut tetapi entah mengapa malah sering rontok? Mungkin ada hal-hal kecil yang terlewat oleh Anda. Memanjangkan rambut butuh upaya yang tekun supaya bisa tetap kuat dan sehat. Jika rambut Anda kering atau rusak dari proses berlebihan atau terekspos sinar matahari atau air asin, Anda harus bersabar agar rambut bisa tumbuh dan membaik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat merawat rambut:

Trimming
Trimming, atau memangkas sedikit rambut di ujung-ujungnya adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kerusakan pada batang rambut. Rambut yang ujungnya bercabang jika tidak segera dipotong akan memperparah kerusakan, karena ia akan makin melebar. Menurut Aroona Reejhsinghani dalam bukunya, Be Beautiful, Slim and Trim, trimming rambut secara teratur akan membantu mencegah terjadinya ujung bercabang. Coba lakukan trimming setiap 6-8 minggu jika rambut Anda sangat kering atau rusak.

Perawatan Kulit Kepala
Merawat kulit kepala adalah kunci untuk menjaga kesehatan rambut. Menurut Riquette Hofstein dalam bukunya, Grow Hair Fast: 7 Steps to a New Head of Hair in 90 Days, Anda harus mempunyai kulit kepala yang kandungan minyaknya tidak berlebih. Pijat lembut kulit kepala Anda setiap hari untuk membantu sirkulasi dan menstimulasi folikel rambut. Berkeramaslah dengan clarifying shampoo setidaknya sekali seminggu untuk mengangkat minyak dan sisa-sisa produk styling.

Conditioner Pekat
Gunakan deep conditioner setidaknya seminggu sekali. Anda bisa membeli deep conditioner di toko-toko besar. Gunanya, untuk membantu menguatkan, menyehatkan, dan menutrisi rambut. Atau Anda bisa menggunakan conditioner rambut dari bahan-bahan yang ada di sekitar, misal; mayones, alpukat yang sudah dihancurkan, atau minyak zaitun. Aplikasikan conditioner pada rambut yang belum dicuci, lalu bungkus dengan shower cap atau plastic wrap dan biarkan meresap selama 20 menit agar minyaknya meresap ke dalam batang rambut dan kulit kepala. Lalu bersihkan rambut secara saksama untuk mengusir residunya.

Vitamin
Jika Anda memiliki rambut kering atau kasar, bisa jadi rambut Anda tidak mendapat vitamin-vitamin yang dibutuhkan rambut pada asupan sehari-hari. Menurut Hofstein, protein dan vitamin A, C, E, dan B kompleks adalah nutrisi penting untuk membuat rambut sehat dan kuat. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, seperti telur dan kacang untuk memastikan asupan yang dibutuhkan rambut tercukupi.

Sumber: LiveStrong, Editor: Nadia Felicia, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 7 Hal Utama Penyebab Rambut Cepat Rusak
  2. Inilah Rahasia Rambut Indah Perempuan Madagaskar
  3. Tips Cegah Rambut Lepek Berminyak
  4. Kenapa Rambut Anda Tak Seindah Wanita Lainnya?
  5. Rambut Indah Berkat Hot-Oil
  6. Ikuti 6 Langkah Berikut, Membuat Rambut Lurus Sempurna
  7. Inilah 9 Cara Agar Rambut Lebih Berkilau
  8. Minyak Kelapa Bisa Tumbuhkan Rambut Dengan Cepat Begini Caranya
  9. Tips Rambut Indah Pasca Sakit
  10. 2 Tips Saat Mewarnai Rambut


..
29 queries in 1.149 seconds.
eXTReMe Tracker