Penyebab Rambut Rusak & Cara Mengatasinya




Masalah rambut yang kerap dialami wanita adalah rambut rusak. Rambut rusak ditandai dengan tekstur rambut yang kasar, kering dan pecah-pecah.

Selama ini kita mengetahui jika menggunakan alat styling seperti blow dry dan catokan merupakan penyebab utama yang membuat rambut rusak. Ternayata tidak sampai di situ, ada hal-hal lain yang menjadi pemicu kerusakan rambut. Ini dia, seperti dilansir bettyconfidential.

Sinar Matahari
Seperti kulit, sinar matahari juga bisa merusak rambut. Hal in membuat rambut mudah patah hingga kulit kepala kering. Oleh karena itu, gunakanlah produk penataan rambut yang memberikan proteksi terhadap sinar UV.

Pengeringan dengan handuk
Menggosok rambut dengan handuk merupakan kebiasaan yang sudah umum dilakukan banyak orang. Kebiasaan ini ternyata bisa merusak rambut. Solusi untuk masalah ini adalah, ketika mengeringkan rambut, tekan-tekanlah rambut dengan handuk secara lembut dan bungkus rambut dengan handuk Selama beberapa menit.

Menyisir Rambut Saat Masih Basah
Selain menggosok rambut hingga kering, kebiasaan lainnya yang salah adalah menyisir rambut saat rambut basah. Hal ini menjadi dilema karena untuk mendapatkan rambut bergelombang, menyisir rambut dalam keadaan basah sambil dikeringkan dengan hairdryer merupakan satu-satunya cara. Untuk meminimalisir hal ini, maka gunakanlah sisir bergigi jarang.

Produk styling rambut
Penyebab lainnya kerusakan rambut adalah terlalu banyak terkena alkohol yang terkandung dari produk styling rambut. Batasi atau hindari produk seperti hairspray atau gel rambut. Anda juga perlu memperhatikan ketika membeli produk rambut yang digunakan secara teratur, seperti shampo dan kondisioner, carilah produk yang dapat meningkatkan kilau dan kekuatan rambut. Sebagian besar produk-produk ini membatasi jumlah alkohol.

Anda juga perlu membaca label produk untuk menentukan kadar alkohol yang terkandung dalam produk ini. Sebab, jika terlalu banyak alkohol di rambut, membuat penurunan produksi minyak rambut alami dan dapat membuat rambut kering.

Jika rambut sudah terlanjur rusak, maka Anda perlu memperbaiki kondisi rambut. Berikut ini beberapa perawatan untuk menghaluskan dan melembutkan rambut yang rusak, seperti dilansir Care Fair.

Cuka Apel
Cuka Apel mengurangi rambut rusak dan membuatnya menjadi lebih halus. Campurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka sari apel dan dua cangkir air. Oleskan campuran ke rambut, setelah keramas, saat rambut masih basah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo. Untuk menghilangkan aroma yang menyengat dari cuka apel, Anda bisa memulaskan kondisioner di ujung-ujung rambut. Lakukanlah perawatan ini dua kali sehari, untuk hasil yang lebih maksimal.

Mayones
Asam lemak pada mayones berfungsi untuk melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut. Setelah keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, oleskan satu sendok makan mayones pada rambut dan bungkus rambut dengan shower cap atau handuk panas. Biarkan mayones meresap kedalam rambut selama 15 – 20 menit. Kemudian bilas dengan shampo bayi atau herbal.

Minyak Alami
Gunakan minyak alami pada rambut seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari atau minyak almond untuk meningkatkan kelembutan dan kehalusan rambut. Caranya dengan mengaplikasikan minyak alami pada rambut setelah keramas, bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan 15 – 20 menit. Lalu bilas rambut hingga bersih.

Vitamin B
Konsumsi vitamin B kompleks setiap hari. Kandungan biotin pada vitamin B kompleks akan menguatkan rambut. Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks dalam telur, kacang-kacangan dan pisang.

sumber: wolipop.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 6 Langkah – Cara Perawatan Rambut Bercabang
  2. Salah Smoothing Rambut Bisa Bikin Rontok
  3. Resep Membuat Minyak Kelapa Alami untuk Rambut
  4. Apakah Rambut Anda Sehat? Berikut 7 Ciri – Ciri Rambut Sehat
  5. Kembali Indah! Rambut Rusak dan Bercabang
  6. Apel Mampu Atasi Ketombe dan Jerawat
  7. 6 Penataan Rambut yang Bisa Merusak Kesehatan Anda
  8. Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat & Indah bak Cleopatra
  9. Inilah 7 Jenis Air Penyebab Rambut Rontok
  10. Tips Hair Extension Tahan Lebih Lama


..
20 queries in 1.300 seconds.
eXTReMe Tracker