Mint Balm Untuk Atasi Ketombe




RAMBUT yang sehat dan indah adalah dambaan setiap perempuan. Salah satu cara merawat rambut supaya tetap sehat dan indah adalah melakukan perawatan dengan mint balm. Mint dipercaya dapat mengatasi kulit kepala yang berketombe. Kulit kepala yang tidak sehat menimbulkan rasa kurang nyaman dan memengaruhi kesehatan rambut.

“Anggap saja rambut itu seperti tanaman dan kulit kepalanya tanah. Jika tanahnya subur dan sehat, tanaman juga akan tumbmuh subur. Kalau tanahnya tandus, tanaman juga sulit tumbuh sehat,” ungkap Novi Susanti, hair therapist dari Laris Love Salon.

Kondisi kulit kepala terbagi menjadi tiga jenis, yaitu normal, kering, dan berminyak. Ketiga jenis kulit kepala ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Diperlukan alat sensor rambut yang didesain untuk menganalisis jenis kulit kepala.

Jenis kulit kepala yang bermasalah adalah kulit kepala yang berminyak. Kondisi ini menjadi lahan berkembang biaknya bakteri/jamur pityrosporum ovale. Sedangkan kulit kepala yang kering dapat membuat kulit kepala menjadi mudah terkelupas. “Kulit kepala yang kering akan terkelupas karena garukan atau gesekan dengan sisir,” kata Novi.

Tekstur rambut juga terpengaruh pada kondisi kulit kepala yang sensitif. Sebagai contoh, rambut ikal atau keriting. Meskipun akarnya berminyak, ujung batang rambut cenderung kering. “Ini karena produksi minyak yang dihasilkan oleh sebum di kulit kepala tidak merata ke seluruh batang rambut,” sambung Novi. Sedangkan kulit kepala yang berminyak dengan rambut yang bertekstur lurus atau tipis justru terlihat lebih banyak memiliki minyak dari akar hingga ke ujung rambut karena mudahnya aliran minyak.

Jenis rambut sendiri terbagi menjadi empat jenis, yaitu rambut normal, kering, berminyak, dan jenis rambut yang rusak karena terkena bahan kimia. Selain empat jenis rambut tersebut, ada juga jenis kulit kepala kombinasi. Dan ini sering sekali dijumpai di Indonesia.

“Ada wanita yang jenis kulit kepalanya berminyak, tetapi di rambutnya ada serpihan ketombe. Ketombe ini biasanya muncul karena terlalu sering keramas, atau terlalu jarang keramas,” jelasnya. Kepala mudah berketombe karena metabolisme tubuh yang kurang baik dan juga karena orang terlalu sering melakukan blow pada rambut.

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kulit kepala yang berketombe adalah dengan menggunakan mint balm pada kulit kepala. Mint balm memiliki aroma yang wangi dan rasa dingin yang menyegarkan. Aroma wangi dan rasa dingin itu berasal dari kandungan minyak atsiri dan minyak menthol.

Mint mengandung vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium, dan potasium. Mint juga berfungsi mengatasi rambut yang berketombe. Cukup aplikasikan krim mint balm khusus di area kulit kepala. “Kandungan mint tersebut dapat memberikan rasa dingin yang berguna untuk menyegarkan kulit kepala dan rambut,” tandasnya.

sumber: (Genie/Genie/tty). okezone.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Membuat Dry Shampoo Sendiri
  2. Ketahui 3 Masalah Pada Kuku Yang Sering Terjadi
  3. Manfaat Telur Untuk Kecantikan Alami Kulit dan Rambut
  4. Cara Perawatan Rambut Berikut Ini Mitos atau Fakta ?
  5. Bikin Sendiri Masker Untuk Rambut Anda
  6. Inilah 5 Cara Ampuh Memanjangkan Rambut dengan Cepat
  7. Cara Baru Tampil Seksi: Berambut Sehat
  8. Mau Rambut Tebal? Inilah 4 Solusi untuk Rambut Tipis
  9. Atasi Rambut Rontok dengan 6 Ramuan Alami Berikut Ini
  10. Inilah Rahasia Rambut Sehalus Sutera


..
29 queries in 2.267 seconds.
eXTReMe Tracker