Masih Remaja Rambut Sudah Rontok? Inilah 9 Penyebabnya!




Masih Remaja Rambut Sudah Rontok? Inilah 9 Penyebabnya!. Rambut rontok dan kebotakan biasanya identik dengan masalah orang tua. Tapi ternyata remaja yang masih berkembang pun bisa mengalaminya. Mengapa bisa begitu?

Ada berbagai alasan dibalik rontoknya rambut remaja atau yang disebut kerontokan dini, seperti dilansir Onlymyhealth:

1. Hormon
Gelombang hormon selama masa remaja bisa menjadi alasan dibalik rontoknya rambut. Gadis-gadis remaja dapat mengembangkan ovarium polikistik, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut rontok.Juga, remaja laki-laki dengan ketidakseimbangan androgen dapat mengalami kerontokan rambut.

2. Diabetes
Salah satu tanda awal terjadinya diabetes pada anak-anak adalah rontoknya rambut. Laki-laki dan perempuan muda yang mulai mengalami penipisan rambut harus melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

3. Konsumsi obat-obatan
Kebotakan dapat terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan yang efeknya kuat. Rambut rontok dapat terjadi karena obat resep alergi atau kerusakan pada protein yang disebut keratin rambut. Tanyakan kepada dokter Anda tentang efek samping sebelum mengonsumsi obat.

4. Kepang dan bahan kimia pada rambut
Gadis remaja sering membuat kepang ketat dan ekor kuda pada rambutnya. Hasilnya adalah melemahnya akar karena menariknya berlebihan.Demikian pula, panas dari blow hair dryer, menyebabkan kerusakan bisa digunakan secara rutin. Gel rambut, semprotan dan pewarna rambut juga dapat mengakibatkan rambut rontok.

5. Perawatan rambut yang berlebihan
Menyisir rambut terlalu kuat, keramas terlalu sering, dikombinasikan dengan penggunaan kondisioner ekstra kuat adalah alasan lain untuk rambut rontok di remaja.

6. Steroid
Remaja laki-laki mungkin memilih untuk menggunakan steroid sebagai sarana mudah untuk mendapatkan otot dengan cepat. Padahal penggunaan steroid berlebihan atau secara dini dapat membuat Anda menderita kerontokan rambut sebagai gejala awal dari masalah kesehatan lebih lanjut.

7. Tinea Capitis
Infeksi jamur atau cacing gelang kulit kepala diketahui ditemukan pada orang-orang muda. Remaja yang melakukan olahraga atau kegiatan lain yang mengarah pada keringat berkepanjangan dapat mengalaminya.

8. Alopecia Areata
Gangguan autoimun, alopecia areata adalah penyebab kebotakan yang umum pada remaja. Alopecia areata adalah gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Kondisi ini dapat terjadi pada pria dan wanita. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi mungkin dipicu oleh stres atau penyakit tertentu. Alopecia areata sering menyebabkan kebotakan pada kulit kepala, alis, atau kaki.

9. Makanan
Junk food dapat menyebabkan kerontokan rambut pada remaja. Tidak ada jumlah produk rambut atau aplikasi herbal dapat menghentikan rambut rontok kecuali diet seimbang tercapai.

sumber: detik.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 4 Manfaat Garam Epsom Bagi Kecantikan
  2. 4 Masalah Rambut dan Cara Mengatasinya
  3. Kylie Minouge : Minyak Lavender Bikin Rambut Saya Sehat
  4. Inilah 4 Minyak Penyehat Rambut
  5. Mint Balm Untuk Atasi Ketombe
  6. Keramas Tanpa Bilas, Gunakan Dry Shampoo
  7. Santan Bisa Bikin Rambut Berkilau
  8. Tips Rambut Indah Walau Tidur Usai Keramas
  9. Gunakan Bantal Sutera Agar Rambut Cepat Panjang
  10. Mengapa Rambut Bisa Beruban?


..
29 queries in 1.265 seconds.
eXTReMe Tracker