Kenapa Ketombe Sebabkan Kerontokan Rambut




Kenapa Ketombe Sebabkan Kerontokan Rambut? Ketombe merupakan suatu masalah rambut yang bisa dialami siapapun. Survei wolipop menunjukkan 99% orang pernah mengalami masalah ketombe.

Ketombe ditandai dengan munculnya rasa gatal dan munculnya serpihan atau bintik berwarna putih di kulit kepala. Pemakaian shampo yang berlebihan atau malah kurang juga bisa menyebabkan ketombe karena kulit kepala jadi memproduksi minyak.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, dr. Susie Rendra, SpKK menjelaskan ketombe seringkali muncul pada pasien dengan bawaan kulit kepala yang berminyak. Tingginya kadar minyak di kulit kepala, menyebabkan munculnya peradangan kulit yang dipicu oleh jamur Malassezia spp. Jamur ini bersifat lipofilik, sehingga lingkungan mikro dengan kadar minyak tinggi menyuburkan pertumbuhannya.

Menurut dr. Susie, ketombe yang tak tertangani dengan baik memang dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu untuk mengatasi rambut rontok Anda, sebaiknya atasi dulu permasalahan ketombenya. Untuk mengobati ketombe, ia menyarankan menggunakan shampoo yang mengandung zinc pirition, tea tree oil, ataupun shampoo antijamur yang mengandung ketokonazol.

Sementara itu, menurut situs Live Strong, salah satu penyebab kenapa ketombe sering dikaitkan dengan kerontokan rambut adalah karena ketombe menyebabkan iritasi dan rasa gatal di kulit kepala. Orang yang berketombe otomatis sering menggaruk kulit kepala mereka untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Menggaruk kurit kepala yang dilakukan dengan sering ini bisa menyebabkan akar rambut jadi tidak kuat. Inilah yang kemudian membuat rambut menjadi rontok.

Ketombe juga bisa menjadi pemicu rambut rontok karena saat rambut dipenuhi bintik putih itu bisa menyebabkan menutupi folikel rambut. Ketika folike rambut dipenuhi ketombe, rambut baru tidak bisa tumbuh, inilah yang menyebabkan kerontokan.

sumber: wolipop.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Menggunakan Gliserin Untuk Perawatan Kulit dan Rambut
  2. 12 Makanan Yang Membuat Rambut Berkilau
  3. Inilah 5 Tips Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Iritasi
  4. Air Kelapa Untuk Kulit Lebih Halus dan Rambut Berkilau
  5. Inilah 6 Tips Agar Rambut Terlihat Lebih Tebal
  6. Hindari Bahan Kimia Berikut Di Shampo Anda! Lihat Label Di Belakangnya
  7. Inilah Cara Keritingkan Rambut Sendiri
  8. Rambut Keriting, Berikut Cara Perawatannya
  9. Inilah 4 Kebiasaan Kecil Penyebab Rambut Rusak


...
21 queries in 1.128 seconds.
eXTReMe Tracker