Inilah Makanan Pelawan 3 Masalah Rambut




Stres dan kurang tidur bisa mempengaruhi keindahan rambut, begitu pula diet yang tidak seimbang dan kurangnya zat gizi. Oleh karena itu untuk mendapatkan rambut yang indah, bercahaya, dan lembut, Anda tak hanya membutuhkan perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam. “Konsumsi makanan yang tepat seperti sayur dan buah yang tidak perlu dikupas kulitnya seperti apel, anggur, peach, dan tomat. Karena, pada kulit buah ini juga terdapat vitamin,” papar assistant clinical professor bidang dermatologi di USC Medical School, Dr Jessica Wu

Pada kondisi rambut tertentu, Anda juga membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda. Berikut panduan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, sesuai kondisi yang sedang Anda alami.

1. Memperkuat rambut
Rambut Anda sering rontok? Cobalah makan lebih banyak makanan yang mengandung asam amino yang cukup tinggi. Misalnya, daging unggas, telur, cabai merah, bawang putih, bawang merah, kubis, susu, gandum, dan brokoli. “Asam amino yang dibutuhkan disebut sistein, dan berperan utama untuk membentuk keratin. Keratin terbukti menjadi faktor penting untuk membuat kuku, rambut, dan tulang menjadi lebih kuat,” tukasnya.

Mengonsumsi banyak bayam, kacang-kacangan seperti buncis, dan kacang lentil juga bisa meningkatkan kekuatan rambut.

2. Membuat rambut jadi lebih tebal
Untuk membuat helaian rambut jadi lebih tebal, perbanyak konsumsi zat besi dan zinc (seng). Zinc juga merupakan zat penting untuk menghasilkan produksi keratin. Orang yang memiliki tingkat kandungan zinc yang rendah, akan mengakibatkan rambut mereka menjadi rapuh dan tipis. Nah, kedua zat ini paling banyak terdapat pada produk daging merah seperti daging sapi, dan kambing. Selain itu, kacang lentil, kacang merah, dan bayam, juga bisa membantu mempertebal rambut.

3. Menghambat uban
Timbulnya uban memang tak bisa dihindari, namun bisa dihambat perlahan. Untuk memperlambat munculnya uban, Anda bisa lebih banyak ngemil segenggam almond setiap hari. Dalam penelitian terbaru, orang yang makan tiga ons almond dalam sehari selama empat minggu mampu meningkatkan produksi katalase sebanyak 10 persen.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa folikel rambut sebenarnya tidak benar-benar berhenti produksi melanin (pigmen warna rambut) seiring bertambahnya usia, namun folikel ini hanya kehilangan kemampuan untuk mempertahankan pigmen yang mereka hasilkan pada rambut. Kacang almond diyakini mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan enzim katalase yang bisa membantu mempertahankan warna rambut alami lebih lama.

Aneka pilihan buah dan sayuran berwarna cerah juga bisa membantu memperlambat proses pembentukan uban sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang merusak sel produksi pigmen. Jenis buah beri, tomat, asparagus, bayam, labu, dan paprika, adalah jenis buah dan sayuran yang kata vitamin dan membantu mencegah terbentuknya uban.

Sumber: Daily Mail, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Menggunakan Kertas Minyak Dengan Baik dan Benar
  2. Mau Rambut Tebal? Inilah 4 Solusi untuk Rambut Tipis
  3. Cara Menggunakan Gliserin Untuk Perawatan Kulit dan Rambut
  4. Salah Smoothing Rambut Bisa Bikin Rontok
  5. Inilah 4 Manfaat Garam Epsom Bagi Kecantikan
  6. Cara Mewarnai Rambut dengan Teknik Ombre
  7. Buah Mengkudu dan Nanas Bisa Basmi Ketombe
  8. Air Kelapa Untuk Kulit Lebih Halus dan Rambut Berkilau
  9. Inilah Makanan Pelawan 3 Masalah Rambut
  10. 7 Tips Merawat Rambut Panjang


..
20 queries in 1.165 seconds.
eXTReMe Tracker