Inilah Cara Jitu Atasi Rambut Kering




Rambut bagaikan mahkota bagi wanita. Berdasarkan survei yang dilakukan AC Nielsen tahun 2011, rambut yang lembut dan halus menempati peringkat ketiga dari kebutuhan rambut wanita Indonesia.

Tak heran jika rambut kering dan sulit diatur menjadi salah satu masalah utama. Survei Habit dan Attitude Study, TNS tahun 2006, menunjukkan, lebih dari 50 persen wanita Indonesia bermasalah dengan rambut kering.

Ada beberapa faktor penyebab rambut kering. Yang paling jamak muncul akibat kurangnya perawatan rambut yang efektif. Biasanya terjadi karena kurangnya kelembaban serta keseimbangan antara protein dan minyak alami rambut.

Kondisi itu membuat permukaan kutikula terangkat sehingga rambut mudah kehilangan nutrisi penting bagi kesehatan rambut yaitu lipid atau minyak alami rambut.

Menurut Brand Manager Dove Shampoo, Adina Tontey, rambut kering merupakan tanda awal kerusakan rambut. “Rambut kering akan terasa kasar dan sulit diatur, kutikula rambut terbuka dan membuat rambut seperti singa,” ujarnya.

Rambut kering juga dapat muncul akibat faktor genetis dan penuaan. Sama halnya dengan kulit, kemampuan rambut untuk memelihara kelembaban rambut semakin berkurang seiring pertambahan usia. Karenanya, butuh perawatan ekstra.

Tingkatkan juga asupan makanan kaya protein dan asam lemak yang dapat membantu memelihara kesehatan rambut, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, lakukan perawatan rambut dari luar dengan pemilihan produk sampo yang tepat.

Rambut kering pada dasarnya membutuhkan minyak alami. Untuk mengatasinya, disarankan rajin mencuci rambut dua hari sekali menggunakan sampo tepat, yang mengandung minyak kelapa, minyak almond, atau minyak bunga matahari.

Minyak kelapa yang tersusun dari triglyceride of lauric acid atau fatty acid mudah meresap ke dalam helai rambut sehingga akan meninggalkan lapisan minyak tipis di permukaan rambut untuk mengembalikan kelembaban yang hilang. Minyak almond kaya omega 9 yang memberikan nutrisi untuk memperbaiki struktur rambut yang rusak. Sedangkan minyak bunga matahari juga mengandung fatty acid yang akan menjadikan rambut lebih bercahaya dan mudah diatur.

Untuk hasil maksimal disarankan pula menggunakan conditioner setelah mencuci rambut, dan mengusap kan serum saat rambut setengah kering. Manfaat serum ini untuk menjaga kelembaban rambut dan melindungi kutikula saat harus bersentuhan dengan catok atau hair dryer.

sumber: VIVAnews

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Tips Lindungi Rambut dari Polusi
  2. 6 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Setelah Direbonding
  3. Tips Pelihara Keindahan Rambut
  4. Tips Cegah Rambut Lepek Berminyak
  5. Berikut 5 Tips Menambah Volume Rambut
  6. Rambut Rusak Kembali Sehat, Dengan Krim “Antiaging”
  7. Inilah Makanan Bernutrisi untuk Rambut Indah
  8. 4 Tips Menjaga Rambut Tetap Berkilau
  9. Mau Rambut Cepat Panjang? Ikuti 5 Cara Berikut Ini!
  10. Cara Mewarnai Rambut dengan Teknik Ombre


..
20 queries in 1.199 seconds.
eXTReMe Tracker