Inilah 7 Zat Kimia Berbahaya di Produk Perawatan Rambut Anda




Inilah 7 Zat Kimia Berbahaya di Produk Perawatan Rambut Anda. Selain mendambakan tubuh yang langsing, setiap wanita di seluruh dunia juga ingin tampil dengan rambut indah. Untuk menjaga penampilan rambut agar tetap sehat dan berkilau, banyak wanita menggunakan produk perawatan rambut yang tanpa disadari mengandung zat kimia yang bisa merusak rambut dan menyebabkan masalah kesehatan.

Seperti diberitakan Times of India, para ahli mengungkapkan bahwa bahan kimia tertentu dalam produk perawatan rambut dapat menyebabkan sakit kepala, mual, kelelahan, dan bahkan kanker. Kabar ini cukup mengejutkan, karena produk perawatan rambut rutin digunakan setiap hari oleh banyak orang.

Dr. Nipun Jain, Konsultan Senior Dermatologi dari Sri Balaji Action Medical Institute, Delhi pun membeberkan daftar bahan kimia apa saja yang harus dihindari dalam produk rambut Anda.

Dia juga menyarankan agar setiap orang mewaspadainya dan selalu melakukan pemeriksaan label produk sebelum menggunakannya. “Jika Anda menemukan bahan kimia berikut, kami sarankan Anda untuk memilih produk yang lebih aman,” katanya.

Berikut zat-zat kimia berbahaya yang perlu diwaspadai:

1. Isopropil alkohol
Ini adalah pelarut yang ditemukan dalam larutan pewarna rambut dan beberapa lotion. Menghirup zat kimia ini dapat mengakibatkan sakit kepala, pusing dan mual.

2. Propylene glycol
Zat ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sampo dan kondisioner rambut. Karena bisa menembus kulit dengan mudah, dapat mengambil protein kulit dan menyebabkan rambut mudah rontok.

3. Polyethylene glycol
Zat ini banyak digunakan di sejumlah produk perawatan pribadi dan pembersih. Jika terlalu sering menggunakan produk yang memiliki kandungan zat ini, kulit Anda bisa mengalami penuaan dini.

4. Natrium lauril sulfat (SLS) & Sodium laureth sulfat (SLES)
Kedua bahan kimia ini mungkin paling berbahaya dari semua bahan kimia yang ada dalam produk perawatan tubuh dan rambut. Sebagian besar digunakan dalam kondisioner. Bahan kimia iini bisa mengganggu kualitas rambut dan menghambat pertumbuhannya. Rambut bisa rontok dibuatnya.

SLS juga dapat menyebabkan katarak ketika diserap dalam kulit bahkan tanpa kontak langsung dengan mata sekalipun.

5. DEA (dietanolamina), MEA (momoethanolamine) TEA (trietanolamina)
Bahan-bahan kimia ini juga sering digunakan dalam sampo dan dikatakan pula sebagai zat berbahaya yang bisa membentuk agen penyebab kanker.

6. Warna pigmen FD & C
Sampo dan kondisioner banyak mengandung pewarna buatan dan sintetis, agar terlihat lebih menarik. Warna yang digunakan dalam pewarna rambut menyebabkan kulit menjadi sensitif dan menyebabkan masalah iritasi dan saraf. Beberapa zat pewarna mengandung tar batubara yang karsinogenik. Menyerap zat pewarna juga dapat menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam tubuh.

7. Formaldehida
Bahan kimia ini digunakan dalam sampo dan kondisioner rambut yang jika merembes ke kulit dapat menyebabkan alergi, sakit kepala dan kelelahan. Zat ini juga terkenal mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh.

“Luar biasa, tapi ini adalah fakta yang benar yang harus ditanggapi dengan serius. Usahakan tetap bebas kimia dan bahagia,” kata Nipun Jain. (kd)

sumber: VIVAlife

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Krim Wajah Untuk Menghilangkan Bintik Hitam
  2. Inilah 10 Jenis Racun Dalam Kosmetik
  3. Cara Menjaga Kelembaban Kulit dan Memperlambat Kerutan
  4. Inilah 4 Tips Memilih Make-up Agar Praktis Dibawa
  5. Hanya 6 Bulan Loh Batas Simpan Kosmetik
  6. Bulu Mata Lentik Maksimal? Gunakan Penjepit Panas Berikut Ini
  7. Tips Merawat Kosmetik Dengan Benar
  8. Inilah Perbedaan Antiperspirant dan Deodoran
  9. Inilah Kandungan dari Krim Anti Penuaan
  10. Inilah 3 Tips Memilih Tabir Surya


..
25 queries in 0.855 seconds.
eXTReMe Tracker