Inilah 5 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita




Kecantikan – Masalah rambut rontok tidak hanya dialami oleh kaum pria, namun juga kaum wanita. Rambut yang rontok tidak hanya menimbulkan kecemasan, namun juga menurunkan kepercayaan diri karena dianggap bisa mengganggu penampilan. Kecuali Anda memiliki keturunan rambut yang menipis, ada beberapa faktor yang berperan penting dalam kerontokan rambut pada wanita.

1. Cuaca
Menurut dr Francesca Fusco, seorang dermatolog dari New York, Amerika Serikat, perubahan cuaca dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Ketika cuaca berubah, maka tubuh pun akan memasuki masa penyesuaian yang terkadang dapat menimbulkan siklus kerontokan rambut.

“Rambut biasanya akan tumbuh dengan cepat saat cuaca panas, sehingga tidak mengherankan apabila rambut juga menjadi rontok di akhir musim panas. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti zat besi, protein, dan lemak sehat dapat membantu pertumbuhan rambut yang lebih stabil dan membantu penyesuaian musim akan lebih mudah,” jelas Fusco.

2. Sering mengikat rambut
Sangat nyaman rasanya mengikat rambut dengan Model ekor kuda saat cuaca panas menyengat. Akan tetapi, mengikat rambut akan membuat rambut Anda berada pada kondisi tekanan konstan yang terkonsentrasi, sehingga rambut akan rapuh dan rontok. Sehingga, disarankan agar tidak mengikat rambut terlalu kencang dan sering, serta gunakan aksesori yang tidak memberikan tekanan berlebih pada rambut.

3. Penataan rambut
Proses penataan rambut dengan alat yang mengalirkan panas atau perawatan keratin dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Menurut Sunnie Brook Jones, seorang penata rambut profesional, menambahkan tekanan tambahan pada folikel rambut dapat menguras ikatan hidrogen rambut yang seharusnya dapat melembapkan namun malah menciptakan keretakan.

“Ini artinya rambut akan lebih mudah rapuh dan rusak, bukannya tumbuh layaknya rambut yang sehat. Anda sebaiknya sebisa mungkin menghindari alat penataan rambut seperti pelurus, pengering, dan zat kimia. Apabila Anda tidak bisa menghindar, maka gunakan produk pelindung panas (heat protector) sebelumnya,” jelas Jones.

4. Jarang mencuci rambut
Menurut Fusco, dalam sehari rambut bisa rontok antara 50 hingga 100 helai. Apabila Anda tidak mencuci rambut, rambut rontok yang seharusnya secara alami hilang saat dicuci akan tetap berada pada permukaan kulit kepala. Hal ini akan bertambah parah apabila disertai penggunaan produk penataan rambut dengan jangka waktu lama.

“Anda tidak perlu sering-sering mandi untuk mencuci rambut. Pastikan Anda tidak menyumbat folikel rambut, caranya adalah gunakan dry shampoo setidaknya seminggu sekali. Anda juga bisa menambahkan gula atau garam granula pada sampo untuk menghilangkan tumpukan rambut rontok,” jelas Fusco.

5. Tidak menggunakan kondisioner
Memakai kondisioner pada rambut sama saja dengan melembapkan kulit wajah Anda. Apabila Anda tidak melakukannya, maka rambut akan kering, pecah, dan akhirnya rapuh yang berujung pada rontok. “Peradangan di sekitar folikel rambut dapat menyebabkan rambut lebih cepat rontok sebelum akhir periode pertumbuhannya. Cara menggunakan kondisioner adalah cukup dengan dipijatkan pada rambut selama 30 detik,” terang Fusco.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Stres Bikin Rambut Cepat Beruban
  2. Cara Lindungi Rambut dari Bahaya Klorin
  3. Minyak Kelapa Bisa Tumbuhkan Rambut Dengan Cepat Begini Caranya
  4. Inilah 4 Tips Agar Rambut Tidak Rusak Setelah Diwarnai
  5. Benarkan Perempuan Habiskan Rp 3 Juta Tiap Tahun untuk Pewarnaan Rambut
  6. Perempuan Sekarang Makin Cepat Beruban, Kenapa?
  7. Inilah 5 Tips Mengatasi Rambut Berminyak
  8. Mitos Atau Fakta Sisir Rambut 100 Kali ?
  9. Cara Cepat Memanjangkan Rambut
  10. Salah Smoothing Rambut Bisa Bikin Rontok


..
27 queries in 2.411 seconds.
eXTReMe Tracker