Inilah 3 Cara Untuk Perlambat Pertumbuhan Uban




Rambut beruban bukan hanya sebagai penanda bahwa usia seseorang sudah tidak muda lagi, tetapi juga pertanda bahwa seseorang tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk rambut. Orang yang lebih muda dapat juga memiliki uban di rambutnya karena beberapa penyebab seperti faktor genetika.

Uban terjadi seiring bertambahnya usia, yaitu ketika melanosit (sel-sel yang memproduksi pigmen) di rambut telah rusak atau mulai mati secara progresif. Rambut yang telah kehilangan pigmen akan kehilangan warna dan berubah menjadi uban.

Biasanya uban akan muncul ketika seseorang berusia 30-an tahun atau memasuki usia 40-an tahun. Tetapi sekarang ini, tidak jarang orang yang lebih muda telah kehilangan warna rambut alami dan mendapatkan uban lebih awal.

Hampir 60 persen orang yang beruban di usia muda cenderung beruban sepenuhnya pada saat berusia 50-an tahun jika tidak ditangani sebelumnya.

Rambut beruban di usia muda tidak disebabkan karena stres seperti yang kebanyakan dipercayai, tetapi hal ini ditentukan oleh genetika. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang beruban di usia muda, kemungkinan Anda juga akan mengalami hal tersebut.

Sementara ilmu pengetahuan masih belum menemukan penyebabnya secara pasti, hubungan antara rambut beruban dan faktor-faktor seperti kekurangan gizi, khawatir, kesedihan mendalam, ketegangan dan kondisi serupa lainnya. Faktor-faktor tersebut diduga dapat memperlambat produksi melanin sehingga muncul uban.

Seperti dilansir health.india, untuk memperlambat perkembangan uban, lakukan 3 langkah berikut:

1. Makan makanan bergizi
Makanlah makanan yang mengandung vitamin (A & B), protein, dan mineral seperti tembaga, yodium dan zat besi yang baik untuk menjaga agar rambut tetap sehat. Diet kekurangan mineral dapat menyebabkan pigmen rambut memudar dan menyebabkan uban cepat berkembang.

Makanan yang memberikan manfaat untuk kesehatan rambut antara lain sayuran segar berdaun hijau, tomat, kembang kol, sereal, yoghurt, pisang, telur, makanan laut, kedelai dan biji-bijian.

2. Menggunakan pewarna rambut
Uban tidak mungkin hilang dengan sendirinya, sehingga cara satu-satunya adalah dengan menutupi uban dengan cat rambut. Ada banyak pewarna rambut yang bebas amonia di pasaran yang lebih aman untuk rambut Anda. Atau Anda juga dapat memilih cat rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami.

3. Memilih perawatan yang tepat untuk rambut
Perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga tekstur rambut, pertumbuhan, rambut yang bersinar dan berkilau sehat. Oleh karena itu gunakan shampoo & kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

sumber: detik.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mana yang Lebih Baik Tabir Surya Semprot atau Losion ?
  2. Inilah Perawatan dan Gaya Rambut Terbaik Di Usia 40
  3. Inilah 9 Penyebab Tumbuhnya Uban
  4. Cara Menggunakan Gliserin Untuk Perawatan Kulit dan Rambut
  5. Inilah 5 Bahaya Tersembunyi Serum Rambut
  6. 5 Tips Lindungi Rambut dari Polusi
  7. 6 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Setelah Direbonding
  8. Sejauh Mana Pengetahuan Anda Soal Sampo? Ini Lima Faktanya
  9. Inilah 8 Kesalahan Penggunaan Hair Dryer
  10. Inilah 7 Hal Utama Penyebab Rambut Cepat Rusak


...
19 queries in 1.428 seconds.
eXTReMe Tracker