Inilah 10 Mitos dan Fakta Seputar Rambut




Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rambut adalah mahkota yang menjadi salah satu daya tarik wanita di mata pria. Tak heran, jika banyak wanita mudah stres dan kehilangan percaya diri saat penampilan rambut tak sempurna.

Karenanya, mereka tak ragu melakukan beragam perawatan demi menjaga penampilan rambut. Namun, niat mempertahankan keindahan rambut tak jarang justru membuat mereka terjebak mitos keliru.

• Sering potong, rambut lebih cepat panjang
Fakta: Pertumbuhan rambut dipengaruhi tingkat hormon, bukan guntingan di salon. Memotong rambut hanya akan memengaruhi bentuk atau penampilannya. “Umumnya, rambut tumbuh sekitar 0,5 inchi setiap bulan, tak peduli itu dipotong atau tidak,” kata John Barrett, seorang pakar rambut asal New York.

• Rambut bercabang bisa diatasi dengan produk tepat
Fakta: Sekali rambut bercabang, tak bisa lagi disatukan. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah menggunting bagian ujung rambut yang bercabang. Celebrity stylist, Jimmy Paul, mengatakan, produk yang beredar umumnya berperan mencegah rambut bercabang. Sementara produk mengandung silikon atau lilin lebah hanya bersifat sementara untuk menyamarkan perpecahan rambut sehingga terkesan lebih halus.

• Mewarnai rambut biang keladi rambut rusak
Fakta: Ada banyak produk pewarna rambut di pasaran yang memiliki kandungan kondisioner esktra sehingga cukup aman untuk rambut. Kunci melindungi rambut dari kerapuhan adalah memilih produk yang tepat, bahkan jika perlu konsultasi dengan pakar kesehatan rambut profesional sebelum melakukan pewarnaan.

• Keramas dengan air dingin membuat rambut bersinar
Fakta: Air dingin mungkin menyajikan sensasi segar, tapi ini tidak memiliki efek apapun terhadap kemilau rambut. Perawatan dan pemilihan produk yang tepat menjadi kunci keindahan rambut.

• Gonta-ganti sampo membuat rambut lebih sehat
Fakta: Rambut tak bisa mencerna merek suatu produk dan membangun toleransi antarproduk. “Sampo favorit Anda akan bekerja dengan pola sama setiap kali digunakan, tak akan berubah dalam hitungan minggu atau bulan, yang terpenting Anda bisa menemukan sampo yang cocok dengan karakter rambut,” kata pakar rambut dan kulit kepala asal London, Philip Kingsley.

• Stres memicu rambut rontok
Fakta: Gerome Litt, asisten profesor dermatologi di Case Western Reserve University School of Medicine di Cleveland, mengatakan, meski rambut Anda sudah rontok sekitar 50-120 helai setiap hari, stres memang bisa membuat kerontokan semakin parah. Selain stres, kehamilan dan konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, juga bisa membuat rambut rontok kian parah. Jika ini terjadi, tak perlu khawatir karena rambut segera tumbuh dalam beberapa pekan berikutnya.

• Kita harus menyisir rambut 100 kali setiap hari
Fakta: Menyisir rambut hanya memberikan efek gaya atau tatanan. Menyisir terlalu sering bahkan bisa membuat rambut semakin rapuh, karena sisir membuat rambut tertarik dari folikelnya.

• Mencabut uban membuat pertumbuhan uban semakin banyak
Fakta: Tidak benar. Mencabut uban memang tidak disarankan hanya karena itu kebiasaan buruk yang bisa merusak akar rambut, menyebabkan luka dan infeksi.

sumber: VIVAnews

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 3 Kebiasaan Yang Membuat Rambut Tetap Sehat
  2. 4 Cara Alami Hilangkan Ketombe
  3. 1001 Ragam Manfaat Mawar Untuk Kecantikan
  4. 5 Cara Bebaskan Anda Dari Ketombe
  5. Atasi Rambut Rontok Dengan 3 Tahapan Berikut
  6. Tips Menyesuaikan Perawatan Spa Dengan Kebutuhan Anda
  7. Cara Menggunakan Kertas Minyak Dengan Baik dan Benar
  8. Inilah 4 Tips Agar Rambut Tidak Rusak Setelah Diwarnai
  9. Inilah 4 Cara Alami Mengatasi Kerontokan Rambut
  10. 11 Tips, Cara Keramas yang Tepat untuk Cegah Kerontokan


.....
20 queries in 1.354 seconds.
eXTReMe Tracker