Haruskah Ganti Sampo?




Teman saya bilang, kita harus berganti sampo tiap beberapa bulan, karena sampo itu bisa berkurang efektivitasnya. Benar enggak, sih?” (Tria, Serpong)

Memang benar bahwa Anda sebaiknya mengganti sampo secara teratur, tetapi bukan karena sampo tersebut berkurang khasiatnya. Alasannya adalah karena keseimbangan kandungan kimia alami pada rambut Anda bisa berubah karena sampo, sehingga Anda akan mulai melihat perubahan pada rambut Anda. Sampo dengan kandungan yang kurang berkualitas, misalnya, lama-kelamaan bisa menyebabkan timbulnya lapisan atau kerak di kulit kepala. Bertambah parah jika Anda juga sering menggunakan produk penataan rambut.

Jika menggunakan sampo yang mengandung pelembab atau kondisioner, misalnya, Anda akan merasakan efeknya pada batang rambut. Rambut menjadi lepek setelah penggunaan berulang. Sebaliknya, sampo yang berfungsi untuk membersihkan secara total (termasuk sisa kandungan sampo yang terkumpul di rambut sepanjang waktu) tak hanya akan melenyapkan residu sampo pada rambut, tetapi juga membuat rambut kering dan rentan mengalami kerusakan.

Yang paling baik adalah memilih beberapa formula sampo yang cocok untuk rambut Anda, satu yang jenisnya untuk mengatasi problem rambut Anda (misalnya sampo untuk rambut rontok), dan satu yang akan menyeimbangkan pengaruhnya. Anda bisa mengatur penggunaan dua jenis sampo ini. Jika sampo Anda biasanya termasuk jenis sampo pelembab, gunakan sampo lain yang bersifat membersihkan setelah tiga atau empat kali menggunakan sampo pelembab tadi. Lalu, jika biasanya Anda menggunakan sampo pembersih sisa kotoran di rambut untuk melenyapkan residu dari produk penataan rambut, pastikan untuk berganti ke formula yang kaya pelembab untuk memelihara kelembaban pada rambut.

Sumber: hairfinder, Editor: Dini, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Berikut 5 Tips Menambah Volume Rambut
  2. Inilah 5 Faktor Penyebab Rambut Mengembang dan Sulit Diatur
  3. Inilah 3 Minyak Alami untuk Rambut Kering
  4. 6 Langkah Meluruskan Rambut
  5. Mau Rambut Cepat Panjang? Ikuti 5 Cara Berikut Ini!
  6. 6 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Setelah Direbonding
  7. Inilah 5 Tips Mencegah Timbulnya Rambut Beruban di Usia Muda
  8. Cara Membuat Rambut Tebal dalam Waktu Singkat
  9. Cara Membuat Dry Shampoo Sendiri
  10. Inilah 4 Kebiasaan Kecil Penyebab Rambut Rusak


..
21 queries in 1.237 seconds.
eXTReMe Tracker