Cara Lindungi Rambut dari Bahaya Klorin




SALAH satu hal paling menjengkelkan sehabis berenang adalah rambut yang menjadi kaku dan kasar akibat klorin di air kolam. Bagaimana cara terbaik untuk melindungi rambut indah Anda dari kerusakan?

Kolam renang biasanya mengandung bahan kimia tertentu dalam kadar tinggi, terutama klorin, untuk menjaga air bebas dari virus dan bakteri. Sayangnya, klorin dalam kadar tinggi tersebut bisa berdampak buruk terhadap rambut. Agen pengoksidasi di dalam klorine bisa menghilangkan kelembapan rambut, membuatnya kering, rapuh, mudah patah, dan ujung-ujungnya bercabang.

Membasahi rambut
Rambut kering bertindak mirip spons begitu terjadi kontak dengan kelembapan. Helai-helai rambut menyerap kelembapan dengan cepat dan dalam. Maka, cara terbaik untuk melindungi rambut sebelum berenang adalah dengan membasahi rambut secara menyeluruh menggunakan air yang tidak mengandung klorin.

Dengan cara itu, rambut akan menyerap air yang ‘aman.’ Begitu Anda menceburkan diri ke kolam, rambut akan menjadi terlalu jenuh dengan air bersih untuk bisa menyerap klorin.

Selain itu, ada baiknya jika Anda keluar dari dalam kolam setiap 30 menit untuk membilas rambut dengan air bebas klorin. Ini berguna untuk menjaga titik jenuh rambut terhadap klorin hingga titik maksimum, apalagi jika Anda berniat untuk berenang dalam waktu lama.

Kondisioner
Cara lain untuk melindungi rambut dari bahaya klorin adalah melapisinya dengan sapuan tipis kondisioner atau minyak sebelum berenang. Usapkan saja sedikit kondisioner, baby oil, coconut oil, atau minyak zaitun ke seluruh rambut sebelum masuk ke kolam renang. Minyak tersebut akan menolak air dan menyegel kutikula batang rambut, dengan bertindak sebagai penghalang antara air berklorin dengan rambut.

Swimming cap
Barangkali cara termudah untuk menghindari kerusakan rambut akibat klorin adalah dengan memakai swimming cap. Penutup kepala yang terbuat dari karet itu, akan menjaga rambut tetap aman dari zat kimia di dalam air.

Mencuci rambut
Setiap selesai berenang, pastikan untuk segera membilas rambut menggunakan air hangat bebas klorin selama tiga sampai lima menit. Setelah itu, bersihkan rambut secara menyeluruh dengan keramas menggunakan clarifying shampoo.

Keringkan rambut dengan handuk, aplikasikan leave-in conditioner, lalu gunakan sisir bergigi jarang untuk meratakannya ke seluruh helai rambut.

sumber; Yulia Permata Sari, mediaindonesia.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah Makanan Pelawan 3 Masalah Rambut
  2. Inilah 8 Kesalahan Penggunaan Hair Dryer
  3. Atasi Rambut Rontok Dengan Minyak Cabai
  4. Cara Membuat Dry Shampoo Sendiri
  5. Inilah 9 Tips Agar Agar Blow Rambut Tahan Lebih Lama
  6. Inilah 4 Mitos dan Fakta Tentang Kerontokan Rambut
  7. Inilah 3 Cara Sederhana Kembalikan Warna Rambut
  8. Perawatan Rambut Agar Tetap Kuat
  9. Inilah 4 Tips Agar Rambut Tidak Rusak Setelah Diwarnai
  10. Langkah Mudah Berikut Ini Bisa Cegah Kerontokan ‘Kebotakan’ Rambut Anda


..
25 queries in 1.017 seconds.
eXTReMe Tracker