Tips Menggunakan Tabir Surya Untuk Anak




Paparan sinar matahari berlebihan bisa berefek buruk pada kulit. Sinar matahari yang terik memicu penuaan dini, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Tak hanya orang dewasa yang butuh pelindung kulit. Anak-anak juga membutuhkan perlindungan kulit. Banyak tabir surya yang beredar di pasaran, namun, bagaimana memilih tabir surya yang terbaik untuk anak-anak?

Memilih tabir surya mengandung Sun Protection Formula (SPF) sangat penting, termasuk untuk anak-anak. American Melanoma Foundation menjelaskan bahwa standar SPF mulai dari terendah 2 hingga yang tertinggi 50. Nilai SPF yang lebih tinggi dinilai lebih baik. Sayangnya, angka ini hanya menunjukkan perlindungan terhadap UVB alias ultraviolet B. Tetapi tidak melindungi kulit terhadap UVA, atau ultraviolet A.

Sinar matahari mengandung radiasi yang menyebabkan penuaan dini dan sering dikaitkan sebagai penyebab kanker kulit. Sebaiknya pilih produk yang melindungi terhadap kedua jenis radiasi dengan spektrum luas.

Untuk melindungi kulit si kecil dari bahaya paparan radiasi, para orangtua harus selektif dalam memilih tabir surya yang tepat untuk anak. Pastikan produk yang digunakan mengandung SPF yang sesuai dengan standar. Berikut aturan yang perlu diketahui saat menerapkan tabir surya untuk anak-anak seperti dikutip dari laman Shine:

Oleskan tabir surya 15 menit sebelum beraktivitas
Jika si kecil senang beraktivitas di luar rumah, pastikan 15 menit sebelum keluar, mereka telah dilindungi oleh tabir surya.

Jika si kecil banyak mengeluarkan keringat, sebaiknya keringkan terlebih dahulu dengan tisu dan terapkan tabir surya secara berulang, baik setelah mandi atau saat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Spesialis Dermatologi Carol A. Rice, Ph.D., R.N. menyatakan terapkan tabir surya secara berulang saat si kecil tengah mengunjungi pantai, minimal setiap dua jam sekali.

Hindari tabir surya berbentuk minyak dan gel
Lotion dan krim adalah bentuk tabir surya terbaik karena mengandung tingkat SPF yang memenuhi standar. Dan biasanya tabir surya dalam bentuk minyak dan gel memiliki kandungan SPF lebih rendah. Tabir surya dalam bentuk gel mungkin memiliki tingkat SPF yang diinginkan lebih tinggi, tetapi perlu diterapkan kembali lebih sering, 30 – 60 menit sekali daripada lotion.

Pilih tabir surya ‘tahan air’
Tabir surya yang tahan air bisa mempertahankan tingkat SPF bahkan setelah 40 menit diterapkan pada kulit yang telah terpapar air. Idealnya tabir surya yang harus bisa mempertahankan kandungan SPF nya minimal selama 80 menit.

Perlu diingat, ajak anak-anak untuk bermain di tempat teduh, pada siang hari. Dan lindungi kepala si kecil dengan topi bertepi lebar. Selain bisa melindunginya dari paparan sinar matahari, topi, dengan disain yang unik juga bisa membuat penampilannya lebih gaya.

Sumber : http://ca.shine.yahoo.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Lulur Tradisional Paling Ok Untuk Manjakan Kulit
  2. 3 Tips Utama Ciptakan Kulit Cantik
  3. Manfaat Telur Untuk Kecantikan Alami Kulit dan Rambut
  4. Inilah 3 Vitamin Pemulus Kulit, Dapatkan Dari Bahan Alami
  5. Untuk Kulit Lebih Sehat & Awet Muda Lakukan 5 Hal Berikut Ini
  6. Lidah Buaya, Penyelamat Dari Sengatan Matahari
  7. Cara Putihkan Kulit Secara Alami
  8. Inilah 5 Bahan Scrub Alami untuk Angkat Sel Kulit Mati
  9. Inilah 5 Mitos dan Fakta Selulit atau Stretch Mark Yang Harus Diketahui
  10. Inilah 5 Cara Hemat Untuk Kulit Putih dan Cerah Dengan Alami


..
20 queries in 1.397 seconds.
eXTReMe Tracker