Lulur Tradisional Paling Ok Untuk Manjakan Kulit




Sebenarnya perawatan tradisional Indonesia sudah sangat modern. Sebut saja lulur, yang sama dengan body scrub. Perawatan ini fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang kasar agar sel kulit kembali bersih dan bisa bernafas.

Tetapi ternyata setiap jenis kulit memiliki kebutuhan lulur masing-masing. Louise Jumarani, penulis buku The Essence of Indonesian Spa: Spa Indonesia Gaya Jawa dan Bali, membagikan pengetahuannya seputar memilih lulur atau body scrub yang benar-benar akan merelaksasi keunikan kulit kita masing-masing.

Lulur kuning Jawa. Mengandung bahan dasar pandan wangi, sari tepung beras, kunyit, dan temu giring yang fungsinya untuk mendinginkan kulit sehingga kulit tampak kuning langsat, bersih, halus, serta harus. Cara penggunaan produk ini adalah dengan mencampurkan 100 gram bubuk lulur dengan 75 ml air mawar hingga diperoleh campuran yang pekat. Oleskan minyak cendana pada bagian tubuh yang akan dilulur, lalu gosokkan lulur yang sudah dicampur air sari mawar tadi. Gosok dengan gerakan memutar dan tekan dorong agar proses pengangkatan sel-sel kulit mati berjatuhan bersamaan dengan sisa lulur.

Lulur bengkoang. Terbuat dari ekstrak buah bengkoang yang memiliki komposisi mineral bengkoang sebagai zat pembersih yang sempurna untuk kulit kusam, serta dapat mencerahkan kulit secara alami. Alhasil kulit akan nampak begitu bersih, cerah, dan segar. Konon, lulur ini sudah dari dulu dilakukan oleh para puteri keraton Jawa. Manfaat lulur ini adalah mengangkat kulit mati, menghilangkan bau badan, memberi nutrisi pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah, mencerahkan warna kulit, serta menjaga kelembaban kulit agar tidak keriput.

Lulur boreh Bali Lulur. ini bertujuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi, menghangatkan tubuh, dan merileksasi otot-otot. Perawatan ini akan diawali dengan pemijatan agar peredaran darah kita lancar, diikuti dengan saluran getah bening yang lancar. Saluran getah bening atau lymph drainage adalah saluran pembuangan kering dan sisa pembakaran tubuh.

Setelah pemijatan, terapis akan mengoleskan boreh yang merupakan campuran bubuk boreh dengan sari air mawar. Boreh terbuat dari rempah-rempah alami yang terdiri dari kunyit, cengkeh/pala, lengkuas, jahe, dan kayu manis. Fungsinya untuk memperlancar peredaran darah, melembutkan kulit, memiliki efek menghangatkan tubuh, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan memberikan keseimbangan suhu tubuh. Jika kita sedang mengalami gejala flu, keletihan, dan pegal-pegal, silakan melakukan perawatan lulur boreh Bali.

Balinese “murut” body scrub. Ini adalah lulur dengan ramuan khas Bali yang mengandung coconut oil, kemiri, jahe, dan kunyit. Bahan-bahan ini akan mengangkat kotoran kulit, membersihkan kulit dari bakteri, dan memiliki unsur stimulan alami dengan bahan penghangat tubuh. Sehingga, dapat mempercepat proses pengangkatan kotoran dan membuat kulit senantiasa lembab secara alami. Cara menggunakannya, campurkan 100 gram bubuk murut dengan air mawar hingga adonan pekat. Gosok dengan gerakan mengusap, sampai kotoran berjatuhan sehingga membersihkan sisa sel-sel kulit mati.

Lulur cokelat Cokelat. kaya akan lemak cokelat atau cocoa butter. Berkhasiat untuk mengangkat kulit mati, kotoran, dan debu. Tidak hanya itu, cocoa butter juga bisa mengharumkan badan, memberi nutrisi kulit, memperbaiki sirkulasi oksigen, dan peredaran darah tepi. Bahan cokelat yang kaya antioksidan juga menjaga kelembaban kulit, sehingga cocok untuk kulit yang kering akibat AC.

Lulur tea scrub. Bahan-bahannya adalah teh berkualitas, bisa green tea atau black tea, serta beras putih. Gunanya untuk mengangkat kulit mati, kotoran, dan debu. Lulur ini juga memberikan nutrisi pada kulit, mencegah kulit keriput, mencegah jerawat, serta menghilangkan selulit. Kadar antioksidannya yang tinggi, membuat kulit bisa dengan alami menghilangkan bekas jerawat, noda-noda hitam, bahkan mencegah kanker kulit.

Lulur kopi. Biasanya bahan yang digunakan adalah kopi Bali asli, beras merah, ketan hitam, dan beras putih. Fungsinya untuk mengangkat kulit mati, kotoran, debu, memperbaiki sirkulasi oksigen dan peredaran darah. Itu mengapa, lulur ini dapat menghilangkan rasa lelah kita serta meratakan tampilan selulit pada permukaan kulit.

Lulur garam laut. Ternyata selain untuk berendam, garam laut juga bisa digunakan untuk scrub. Berfungsi sebagai antiseptik, karena kandungan mineralnya bisa untuk menghilangkan bau badan dan gatal-gatal. Cara meramunya, 100 gram sea salt dicampur dengan 30 ml soy bean oil dan 6 tetes aromaterapi. Setelah itu, oleskan ke seluruh tubuh sambil digosokkan dengan gerakan memutar secara perlahan, sehingga kotoran yang melekat di kulit menjadi terlepas.

Lulur strawberry. Ekstrak strawberry yang mengandung asam salisat, silika, serta vitamin B, C, E, dan K, berfungsi sebagai bahan eksfoliasi agar kulit tetap lembut, lembab, serta kencang. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara menumbuk beberapa buah strawberry yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya. Untuk memberikan efek lembab tambahan, berikan cairan susu segar secukupnya sehingga kulit menjadi lebih kenyal.

Lulur buah pepaya. Pepaya terkenal dengan kandungan enzim yang tinggi pada daun dan buahnya. Enzim ini bisa menghaluskan sehingga sering digunakan sebagai pelunak daging. Buah pepaya juga mengandung vitamin A, E, F, dan H yang dapat menghaluskan kulit, memberi nutrisi, serta mempertahankan elastisitas kulit. Cara penggunaannya: oleskan campuran 100 ml buah pepaya yang sudah dihancurkan dengan 20 butir kemiri yang sudah ditumbuk. Setelah itu, gosokkan merata ke seluruh tubuh hingga kandungan enzim dapat berfungsi sebagai scrub.

sumber: (Prevention Indonesia Online), Editor: Dini, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Merawat Kulit untuk Hasilkan Wajah Cerah, Halus, Bersinar
  2. Teknik Relaksasi untuk Kecantikan Kulit
  3. Begini lho, Cara Selebriti Merawat Kulitnya Sebelum Tidur
  4. Inilah 4 Manfaat Garam Epsom Bagi Kecantikan
  5. Air Kelapa Untuk Kulit Lebih Halus dan Rambut Berkilau
  6. Tips Memilih Pelembab yang Tepat
  7. Kenali 6 Tanda Rasa Gatal dan Ruam di Bokong
  8. Tips Kulit Seksi dan Sehat di Seluruh Tubuh Anda
  9. Tips Merawat Kecantikan dengan Rempah Hangat
  10. Inilah Tips Untuk Kulit Bebas Bulu


..
21 queries in 0.567 seconds.
eXTReMe Tracker