Jika Ingin Kulit Bersih, Sehat Terawat ? Ikuti Tips Mandi Berikut Ini




Jika Ingin Kulit Bersih, Sehat Terawat ? Ikuti Tips Mandi Berikut Ini. Mandi merupakan bagian penting dalam perawatan kulit. Ketika merawat kulit penting untuk memahami apa maksud dan tujuan dari setiap aktivitas yang dilakukan, baik saat membersihkan tubuh maupun saat melakukan perawatan lainnya. Lihat juga kondisi kulit, bahkan kondisi iklim tempat Anda berada. Pemilihan skincare yang tepat dan melakukan ritual perawatan dengan tata cara yang benar juga tak kalah penting, jika ingin kulit bersih, sehat terawat.

Shower atau bath tub?
Jika Anda diberikan pilihan, mandi dengan shower atau bath tub, mana yang akan Anda pilih? Pilihan apa sebenarnya yang lebih baik?

Baik atau tidaknya tergantung pada iklim tempat Anda tinggal kini. Dokter ahli kulit, dr Amaranila Drijono SpKK mengatakan bagi Anda yang tinggal di negara beriklim dingin atau negara empat musim, mandi di bath tub punya dampak baik. Pasalnya, orang yang tinggal di lingkungan beriklim dingin butuh efek kontak lebih lama dengan air.

Sementara bagi Anda yang tinggal di iklim tropis, mandi dengan shower jauh lebih tepat. Selain waktu mandi lebih singkat, mandi dengan shower tidak membuat kulit kering pada orang yang tinggal di iklim tropis. Pasalnya, kontak dengan air tak terlalu lama. Tidak seperti saat berada dalam bath tub yang membuat tubuh terendam lama, dan mandi pun memakan waktu karena Anda harus membilas lagi tubuh dengan air untuk membersihkan dari sisa pembersih.

“Berendam saat mandi justru mengeringkan kulit, untuk yang tinggal di iklim tropis,” jelas dr Nila (sapaan akrabnya) saat workshop kecantikan untuk media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Air hangat atau dingin?
Lantas kalau mandi shower lebih baik untuk yang tinggal di iklim tropis, sebaiknya pilih air hangat atau dingin? Dr Nila menjelaskan, air hangat membuat kulit cenderung kering. Meski begitu, sesekali tentunya kita butuh mandi dengan air hangat untuk mendapatkan efek menenangkan atau sebagai relaksasi. Tapi, sarannya, untuk keseharian sebaiknya pilih mandi dengan air dingin karena sirkulasi air lebih baik dengan air dingin dan baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Membersihkan dan pembilasan
Saat mandi, pastikan juga Anda memilih pembersih yang mampu membersihkan, melembabkan juga memproteksi kulit. Lebih baik lagi jika pembersih mampu menutrisi kulit.

“Cleanser yang ideal cirinya tidak membuat protein kulit banyak terbuang, lipid alami kulit tidak banyak yang rusak, kalau bisa malah menambah lipid, dan mampu melembabkan kulit. Kalau lipid banyak terangkat kulit tidak berkilau,” jelasnya.

Saat mandi, pastikan juga seluruh badan terkontak dengan pembersih, lalu bilas dengan air bersih. Saat pembilasan penggunaan air juga sebaiknya secukupnya saja. Tujuan membilas adalah juga meningkatkan zat pelembab pada pembersih agar bertahan lebih lama. Sensasi lembab dibutuhkan seusai mandi, jadi tak harus kesat karena dampaknya tak baik bagi kulit.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Skin Peeling, Benarkah Berbahaya?
  2. Kenali 6 Tanda Rasa Gatal dan Ruam di Bokong
  3. Hati-Hati Dengan Bercak Hitam pada Kulit
  4. Cara Melindung Kulit Dari Radiasi UV (Ultra Violet)
  5. Ramuan Alami Untuk Kulit Lebih Bercahaya
  6. Inilah 5 Fakta Kemunculan Stretch Mark
  7. 4 Fakta Unik Seputar Keriput
  8. Tips Menjaga Kulit Lembab 24 Jam
  9. Inilah 3 Cara Remajakan Kulit Leher
  10. Bersihkan Kulit, Dengan Ampas Kopi


...
26 queries in 1.113 seconds.
eXTReMe Tracker