Inilah 5 Santapan untuk Menutrisi Kulit




Selain memenuhi kecukupan cairan, pemilihan makanan yang tepat jadi faktor pendukung kulit indah dan sehat. Kandungan vitamin dan mineralnya bisa membantu mencerahkan, mengencangkan, dan melembabkan kulit. Tak heran, jika pola diet yang salah bisa membuat kulit terlihat lebih kusam. Karena itu, pilih-pilih dulu jenis makanan yang mampu menutrisi kulit.

1. Jeruk
Jeruk memiliki banyak vitamin C yang bisa membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Vitamin C juga membantu meningkatkan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan bebas kerut. Asupan vitamin C yang cukup akan membantu mengatasi pendarahan gusi, luka, kulit kusam, dan risiko kerusakan kulit dari akibat paparan matahari.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk, Anda membutuhkan sekitar 200 mg vitamin C setiap hari. Ukuran ini setara dengan konsumsi satu buah jeruk setiap harinya. Sebaiknya, konsumsi jeruk utuh ketimbang minum jus jeruk.

2. Pepaya
Pepaya merupakan buah yang memiliki kalori yang rendah. Selain itu, buah juga memiliki karotenoid yang membantu melepaskan vitamin A. Vitamin A mampu melindungi kulit dari kerusakan, dan menghambat penuaan dini. Pepaya juga dikenal bisa mengurangi risiko kanker kulit.

Agar terlindungi lebih maksimal, konsumsi sekitar 200 gram pepaya, atau setara dengan semangkuk besar. Bagian yang paling dekat dengan biji pepaya, merupakan bagian yang paling kaya akan nutrisi, sehingga sebaiknya jangan disisihkan. Untuk membersihkan bijinya, gunakan garpu.

3. Gandum utuh
Gandum utuh mengandung vitamin B yang tinggi, dan berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit mati, membantu pertumbuhan sel-sel yang baru, dan menjaga ketahanan kulit dari infeksi dan stres. Kandungan niasin dalam gandum juga membantu sel kulit untuk menyerap nutrisi, dan membantu melepaskan energi sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Gandum utuh bisa dikonsumsi melalui berbagai pilihan roti, biskuit, dan pasta. Mengonsumsinya secara teratur juga bisa membantu mengatasi kulit pecah-pecah, kasar, luka di mulut, dan lain-lain.

4. Biji bunga matahari
Kandungan asam lemak esensial di dalam biji bunga matahari bisa membantu kulit mengeluarkan minyak alami yang berfungsi untuk mencegah kulit kering. Asam lemak juga membantu memperbaiki tekstur rambut dan mengurangi komedo.

Agar lebih maksimal, santap satu sendok teh biji bunga matahari per satu atau dua minggu sekali. Bisa juga mengganti biji bunga matahari dengan minyak bunga matahari untuk memasak. Asupannya bisa membantu mengatasi psoriaris, kulit bersisik, jerawat, atau ruam.

5. Teh hijau
Teh hijau memang sarat dengan kandungan flavonoid dan antioksidan. Antioksidan dalam teh hijau bisa membantu mengatasi risiko akibat sinar UV, dan menghambat penuaan. Cukup rendam teh hijau celup dalam secangkir air panas minimal tiga menit agar semua ekstraknya keluar. Namun jangan campurkan susu ke dalamnya, karena bisa menetralkan antioksidan di dalamnya.

Sumber: idiva, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Lulur Tradisional Paling Ok Untuk Manjakan Kulit
  2. Bersihkan Kulit, Dengan Ampas Kopi
  3. Resep Scrub Madu Jeruk untuk Kulit Bersinar
  4. Remaja Sebaiknya Pilih Sabun Berpelembap
  5. Jangan Resah Karena “Stretchmark” Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya
  6. Inilah 3 Tips Alami Tunda Penuaan pada Kulit
  7. Inilah 3 Mitos Salah Seputar Perawatan Kulit
  8. Cara Sederhana Berikut, Bisa Membuat Kulit Anda Lebih Mulus
  9. Inilah Manfaat Menggunakan Krim Malam
  10. Lidah Buaya, Penyelamat Dari Sengatan Matahari


..
22 queries in 1.097 seconds.
eXTReMe Tracker