Inilah 5 Kebiasaan Penyebab Kulit Tambah Berminyak




Kecantikan – Anda yang memiliki kulit yang cenderung berminyak pasti memiliki banyak ritual kecantikan tambahan guna menghilangkan kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Namun, beberapa hal yang Anda lakukan baiknya lebih diperhatikan karena ada kebiasaan yang ternyata malah berpotensi membuat kulit wajah tambah berminyak. Apa saja?

1. Salah menggunakan pelembap
Neelam A Vashi MD, asisten profesor dermatologi sekaligus direktur riset kedokteran kosmetik dan laser di Boston University School of Medicine menjelaskan, sebagian orang yang memiliki tipe kulit berminyak menggunakan produk seperti minyak kelapa, cocoa butter, atau minyak zaitun guna melembapkan kulit dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Namun, kebiasaan ini sebenarnya tidak benar.

“Sebaliknya, gunakan pelembap dimana tak mengandung minyak dan mengandung gliserin serta bahan lain yang menyerap air ke dalam kulit. Ketimbang menggunakan pelembap berbentuk krim yang membuat lengket, pilih pelembap berbentuk cair, gel, atau serum,” saran Vashi.

2. Mengenakan riasan tebal
Vashi menjelaskan, mengenakan riasan tebal dan tidak membersihkannya dengan teliti malah dapat menyumbat pori-pori wajah. Sebaliknya, ketika membeli produk tata rias, pilihlah produk yang tak mengandung minyak dan mengandung niasinamida, derivatif vitamin B yang terbukti menyerap minyak.

3. Menggosok kulit wajah
Banyak orang menganggap bahwa menggosok atau rutinitas scrubbing akan menghilangkan minyak. Namun, anggapan ini ternyata salah. Menurut Adrienne Fay, ahli estetika medis di The Rockoff Center, Boston, menggosok kulit wajah dengan kasar dapat membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak.

“Sebaliknya, pilihlah produk perawatan pembersih kulit yang mengandung asam salisilat dan lakukan sekali atau dua kali dalam seminggu. Asam salisilat mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan minyak serta kotoran berlebih,” terang Fay.

4. Tidak membersihkan wajah setelah berolahraga
Mungkin Anda terlalu lelah setelah berolahraga hingga tidak memiliki tenaga ekstra untuk membersihkan wajah. Namun, selama berolahraga, keringat dan kotoran mampu menyumbat pori-pori termasuk pada wajah. “Sehingga, penting untuk membersihkan wajah usai berolahraga dengan produk pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolik, atau benzol peroksida,” jelas Vashi.

5. Terlalu sering membersihkan wajah
Mencuci muka memang membuat kulit semakin halus dan segar, namun jangan jadikan ini sebagai kebiasaan hingga terlalu sering dilakukan. Vashi mengungkapkan, kulit pun membutuhkan minyak alami dan apabila mencuci muka terlalu sering, minyak alami ini akan lebih banyak diproduksi dan membuat pori-pori semakin lebar.

“Dermatolog menyarankan Anda cukup mencuci muka dua kali, yakni di pagi dan malam hari. Cuci muka dengan takaran sepertiga dari porsi di dua waktu tersebut apabila kegiatan Anda menyebabkan keringat berlebih,” ujarnya.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 8 Tips Menjaga Kecantikan Kulit saat Musim Hujan
  2. Cerahkan Kulit Anda Dengan Cara – Cara Berikut
  3. Mau Kulit Sehat, Konsumsi 2 Buah – Buahan Berikut Ini
  4. 6 Makanan Berikut Ini Bisa Merusak Kesehatan Kulit
  5. Skin Peeling, Benarkah Berbahaya?
  6. 3 Ramuan Berikut Ampuh untuk Hilangkan Selulit
  7. Cara Putihkan Kulit Secara Alami
  8. Inilah 5 Cara Cantik Alami tanpa Efek Samping
  9. Inilah 4 Cara Terbaik Merawat Kulit Berminyak
  10. Berendam Dengan Rumput Laut Bagus Untuk Perawatan Kulit


..
18 queries in 0.579 seconds.
eXTReMe Tracker