Gunakan Kopi Untuk Perawatan Kulit Anda




KETIKA penat melanda, pijatan akan melegakan otot yang terasa kaku. Namun, akan lebih terasa menyegarkan dengan meminum secangkir kopi hangat. Hmm, bisa dipastikan penat cepat berlalu dan tubuh kembali rileks.

Tapi, tahukah Anda? Kopi tak hanya nikmat diminum, tapi bisa juga menjadi material perawatan kecantikan, terutama untuk memanjakan kulit. Seperti juga spa dengan cokelat yang tengah tren belakangan ini, coffee spa menawarkan skin pampering serupa, tetapi tentu dengan sensasi berbeda.

Dari segi manfaatnya untuk kecantikan, kopi memiliki kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, aromanya yang wangi dan menyegarkan juga dapat memberi efek relaksasi.

Lisa Kasanicky, beauty editor situs kecantikan Arizonaspa.com mengungkapkan, bahwa bubuk kopi merupakan eksfoliator natural, pembersih kulit, sekaligus deodoran alias bisa menghilangkan aroma tak sedap pada tubuh.

”Kopi bermanfaat sebagai scrub karena bubuknya bisa mengangkat sel kulit mati secara alami, meninggalkan lapisan kulit baru yang lebih sehat dan segar. Selain itu, aromanya sangat menyegarkan dan membuat pikiran menjadi rileks,” tuturnya.

Kasanicky menjelaskan, proses perawatan coffee spa tidak jauh berbeda dengan chocolate spa.

”Setelah dipijat dengan menggunakan minyak esensial dari ekstrak kopi, tubuh akan di-scrub dengan menggunakan bubuk kopi, terakhir masker kopi akan membuat kulit menjadi lebih lembap,” katanya.

Lalu, di mana lokasi spa center yang menawarkan perawatan coffee spa? Sebenarnya, sejak abad ke-16, kopi telah menjadi komoditas yang tidak hanya dinikmati sebagai minuman, juga produk perawatan kecantikan.

Catatan sejarah membuktikan ampas kopi telah digunakan sebagai masker wajah sejak lama. Dari situlah, perawatan kecantikan dengan menggunakan kopi terus berkembang.

Salah satu pusat perawatan kecantikan dan kesehatan di Jepang, Yunessun Resort Spa, menawarkan terapi coffee spa bagi pengunjung yang mendambakan kulit yang lebih sehat dan bersinar. Namun, bukan melalui scrub ataupun masker kopi, melainkan berendam dalam kolam kopi yang memiliki geyser (mata air panas).

Situs resmi Yunessun Spa menjelaskan bahwa kolam kopi tersebut mengandung bubuk kopi asli yang dicampurkan langsung ke dalam kolam. Fungsinya, selain menyehatkan kulit dengan kandungan antioksidan dan kafein, kolam air panas tersebut bisa menghilangkan penat dan lelah pada tubuh. Bonusnya, aroma segar kopi yang melingkupi selama berendam bisa membuat Anda rileks.

Namun, bukan hanya kolam kopi yang ditawarkan Yunessun Spa. Pusat perawatan kecantikan tersebut juga menawarkan spa dari berbagai jenis ”minuman”, seperti wine, sake, dan teh hijau (green tea).

Jepang terlalu jauh bagi Anda? Oke, coba saja perawatan spa kopi di Laguna Spa Hotel Sheraton, Bandung. Koordinator terapis Laguna Spa Joy Rumapar mengatakan, spa kopi banyak disukai karena selain dibuat dari bahan alami, aromanya pun menyegarkan.

”Makanya, kopi tidak hanya disukai pelanggan wanita, tapi juga pria karena aromanya yang terbilang maskulin,” sebutnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, yang menjadi favorit pelanggannya adalah scrub dengan menggunakan bubuk kopi. Alasannya? Tentu saja karena kopi merupakan eksfoliator yang bisa mengangkat sel kulit mati secara optimal. Menikmati spa kopi tidak hanya bisa dilakukan di tengah kota, juga di resor spa yang menawarkan relaksasi maksimal.

Salah satu lokasi yang bisa menjadi tujuan adalah Losari Coffee Plantation Resort & Spa di Magelang, Jawa Tengah. pengunjung dapat menikmati keistimewaan bagai para putri keraton dengan perawatan kecantikan ala Jawa.

Namun, yang menjadikan perawatan spa tersebut istimewa adalah scrub kopi yang dibuat langsung dari perkebunan kopi yang masih menjadi bagian dari Losari Coffee Plantation Resort & Spa.

Selain untuk scrub, kopi juga bermanfaat sebagai masker yang berfungsi mengembalikan kesegaran rona wajah.

”Bubuk kopi yang dicampurkan bubuk kakao dan susu bubuk halus juga bermanfaat untuk menyegarkan rona wajah,” ujar Mien Rogi dari Balisari Spa.

Menurut dia, kopi mengandung kafein tinggi yang dapat memacu produksi adrenalin dan menghilangkan kantuk. Selain itu, kopi yang diaplikasikan sebagai body mask berkhasiat menurunkan produksi laktat yang merupakan sisa metabolisme energi otot yang menimbulkan rasa pegal dan linu.

Mien mengatakan, kopi tidak hanya bisa digunakan sebagai produk perawatan tunggal, tapi juga bisa dikombinasikan dengan produk alami lainnya, seperti perawatan perpaduan kopi robusta dan lemon yang mengandung kafein dan vitamin C.

Menurut dia, perawatan ini akan meningkatkan kinerja jantung. Lebih dari itu, perawatan ini juga bisa membantu membentuk tubuh (body contouring), melarutkan lemak, dan mengurangi selulit. Bagaimana, Anda berminat?

sumber: (Koran SI/Koran SI/nsa), okezone.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 5 Cara Membuang Racun pada Kulit
  2. Inilah 6 Tips Perawatan Tepat untuk Kulit Berminyak
  3. Inilah 5 Bahan Terbaik untuk Detoks Kulit‏ Anda
  4. Bengkoang, Efektif Mencerahkan Kulit
  5. Benarkah Nano Spray Bisa Bikin Kulit Kencang ?
  6. 5 Cara Cegah Keriput
  7. Inilah 3 Buah Terbaik untuk Kulit Bersinar
  8. Inilah 3 Vitamin Pemulus Kulit, Dapatkan Dari Bahan Alami
  9. Kulit Kering ? Atasi Dengan 3 Makanan Berikut Ini
  10. Inilah Yang Terjadi pada Kulit Anda Pada Setiap Fase Usia


..
21 queries in 1.609 seconds.
eXTReMe Tracker