Berapa Usia Tepat Merawat Kulit?




Anda mungkin pernah merasa tak yakin, sejak usia berapa sebaiknya mulai menggunakan berbagai produk perawatan kulit. Banyak pakar yang menyarankan untuk mulai merawat kulit sejak usia 20-an. Hal ini diyakini karena pada usia ini proses penuaan telah dimulai.

Pada usia 20-an, kulit lebih cepat kering dan mengalami banyak masalah karena pengaruh ketidakstabilan hormon dalam tubuh. Selain itu, aktivitas yang mulai meningkat membuat Anda banyak terpapar polusi dan radiasi sinar UV A dan UV B dari lingkungan.

Namun, dr Eddy Karta, SpKK, spesialis kulit dan kelamin, mengungkapkan sebenarnya tidak ada batasan usia pasti untuk mulai merawat tubuh. “Kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, sehingga punya waktu yang berbeda untuk mulai merawat kulit,” tukas Eddy, saat peluncuran Citra Night Whitening di Thamrine Nine, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lalu bagaimana cara mengetahui saat yang tepat untuk mulai merawat kulit? Ia mengungkapkan bahwa cara yang bisa digunakan sebagai patokan untuk mulai merawat kulit adalah dengan melihat kondisi kulit yang terkering pada tubuh.

Dan, salah jika Anda berpendapat bahwa kulit paling kering di tubuh Anda adalah pada siku atau tangan. Karena ternyata kulit terkering dari tubuh Anda adalah bagian lutut ke bawah, atau tepat berada di bagian tulang kering kaki.

“Selama ini tangan dianggap bagian kulit yang paling kering, karena area ini merupakan area yang terbuka atau tidak tertutup busana,” jelasnya. Kulit kaki akhirnya sering diabaikan karena lebih sering tertutup pakaian, sehingga dianggap tidak perlu dirawat secara khusus.

Sebenarnya semua bagian kulit pada tubuh memiliki pelembab dan kandungan minyak alami. Akan tetapi khusus di bagian kulit, tulang kering ini memiliki kandungan pelembab alami yang paling sedikit. Maka patokan yang bisa digunakan untuk menentukan waktu efektif merawat tubuh adalah melihat tingkat keringnya kulit bagian ini.

“Ketika kulit bagian ini sudah mulai kering, inilah saatnya Anda mulai merawat kulit dengan berbagai produk pelembab dan losion, sekalipun kulit tubuh bagian lainnya masih dalam kondisi prima,” pungkasnya.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Kebiasaan Yang Menyebabkan Kerusakan Kulit
  2. 4 Fakta Unik Seputar Keriput
  3. Inilah 6 Cara Mudah Punya Rambut Hitam Berkilau
  4. Cara Merawat Kulit untuk Hasilkan Wajah Cerah, Halus, Bersinar
  5. Terapi Karbondioksida Kencangkan Kulit Dalam 5 Menit
  6. Inilah Tips Membuat Scrub Alami Sesuai Jenis Kulit
  7. Ramuan Alami : Percantik Kulit Dengan Bunga Mawar
  8. Cantik Alami Bisa Berawal dari Dapur, Bahan Dapur Untuk Kecantikan
  9. Skin Peeling, Benarkah Berbahaya?
  10. Jika Ingin Kulit Bersih, Sehat Terawat ? Ikuti Tips Mandi Berikut Ini


..
26 queries in 0.712 seconds.
eXTReMe Tracker