4 Tips Cara Memilih dan Memakai Sunscreen




Sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV mungkin sudah menjadi salah satu daftar barang belanjaan Anda tiap bulannya. Namun banyaknya produk sunscreen di pasaran mungkin membuat Anda bingung untuk memilih produk yang cocok untuk kulit Anda. Agar tak salah pilih, simak beberapa tips membeli krim tabir surya.

1. Periksa kandungannya
Pastikan sunscreen yang Anda akan beli mengandung zinc oxide, avobenzone, atau titanium dioksida, yang menjamin perlindungan yang luas. Menurut Dr Raja Sivamani, ahli dermatologi di UC Davis, kandungan terpenting dalam sunscreen adalah zinc (seng), karena mineral ini dapat memberikan perlindungan penuh pada kulit.

2. Pastikan tingkat perlindungannya
Setelah memeriksa kandungan dalam sunscreen, hal selanjutnya adalah memastikan tingkat SPF-nya. Menurut Dr Thomas Rohrer, MD, ahli dermatologi yang juga anggota dewan direksi Association of Academic Dermatologic Surgeons, menyarankan untuk mencari sunscreen yang mengandung tingkat SPF 30 atau lebih. Ia sepakat dengan Dr Ike Iheanacho, editor Drug and Therapeutics Bulletin (DTB), yang sebelumnya mengatakan bahwa SPF 15 tak cukup melindungi kulit.

3. Hindari jenis spray
Walaupun produk sunscreen yang Anda gunakan mengandung formula anti air, jangan terlalu percaya bahwa produk ini bisa melindungi kulit Anda sepanjang hari. Apalagi, jika Anda menggunakan jenis yang spray. Rohrer menjelaskan bahwa orang yang menggunakan produk sunscreen spray hanya mendapatkan “rasa aman palsu” karena mereka tidak mendapatkan perlindungan yang sama seperti sunscreen dalam bentuk krim atau gel. Selain itu, yang terpenting sunscreen harus dioleskan kembali secara teratur.

“Anda memang membutuhkan SPF yang kuat, tetapi hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengoleskan sunscreen yang banyak dan berulang kali,” tambah Rohrer. Sebab, krim ini akan larut atau terkikis oleh udara, kotoran, atau air, setelah beberapa jam.

4. Hindari paparan matahari terlalu sering
Perlindungan terhadap sinar UV bukan hanya ditentukan oleh produk sunscreen yang Anda gunakan setiap harinya. Menurut Sivamani, ada faktor lain yang paling berpengaruh ketika Anda berada di luar ruangan. Hindari berada di luar ruangan ketika matahari sedang tepat berada di tengah-tengah kepala, atau ketika siang hari yang panas. Menggunakan topi, payung, dan pakaian yang dapat melindungi Anda dari kontak langsung dengan sinar matahari juga merupakan upaya utama untuk melindungi kulit.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Membuat “Lip Balm” Alami di Rumah
  2. Inilah Handuk Muka Terbaik
  3. Inilah 10 Rekomendasi Parfum dengan Wangi Menggoda
  4. Inilah 4 Tips Memilih Make-up Agar Praktis Dibawa
  5. Perlu Enggak, Memakai Make Up Dengan Sertifikat Halal?
  6. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan
  7. Manfaat Edelweiss Untuk Peremajaan Kulit
  8. Tips Memilih Pelembab yang Tepat
  9. Inilah Efek Samping Kosmetik Berbahan Emas
  10. Sabun Mandi Dengan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) Sebabkan Kulit Kering


.....
52 queries in 0.791 seconds.
eXTReMe Tracker