Tips Mengatasi Kaki Lecet




Lecet ketika atau usai mengenakan sepatu baru memang sangat menyiksa. Terlebih jika telapak kaki, jari kaki dan juga tumit harus sampai merah-merah dan memar.

Berapa pun harga sebuah sepatu memang tidak bisa diprediksi apakah akan menimbulkan lecet atau tidak. Hal itu hanya akan bisa dibuktikan setelah pemakaian pertama.

Namun, jika pada akhirnya lecet tidak bisa dihindari, Anda tidak perlu terlalu cemas. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri pada kaki dan mengembalikan kondisi kaki seperti sediakala.

  1. Kalau ditengah-tengah perjalanan, Anda merasa kaki sudah terasa perih dan kulit kaki terkelupas, sebaiknya lepas sepatu Anda dan diamkan selama 20-30 menit, agar kaki bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Kalau Anda tidak sanggup untuk meneruskan memakainya, sebaiknya jangan paksakan. Ganti dengan sepatu lain yang agak longgar atau sandal, karena jika dipaksakan pun tentu akan semakin menyiksa Anda.
  2. Setelah sampai di rumah, biarkan kaki dalam udara terbuka selama 30 menit. Lalu setelah cuci dengan menggunakan air hangat. Untuk bagian yang lecet, pastinya akan terasa perih. Tapi cobalah untuk bertahan ketika kaki Anda disirami oleh air.
  3. Jangan gosok-gosok bagian yang lecet. Akan tetapi, untuk sela-sela jari kaki (yang tidak lecet) Anda bisa menggunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan bau kaki.
  4. Keringkan dengan handuk kering. Berhati-hati ketika menyentuh bagian yang sakit/lecet. Setelah itu, pada bagian yang lecet namun bagian kulitnya tidak terkelupas – oleskan minyak goreng atau mentega untuk melemaskan kulit yang membengkak. Sedangkan jika kulit kaki sampai ada yang terkelupas, jangan keluarkan air yang ada didalamnya dengan alat tajam apapun, karena bisa semakin parah. Tidak perlu dioleskan apapun, cukup didiamkan saja pada ruangan terbuka, atau bisa juga menggunakan salep luka.
  5. Rasa sakit karena lecet memang akan berlangsung sekitar 2 – 3 hari kedepan. Disarankan untuk tidak memakai sepatu yang sama (yang menyebabkan lecet) selama kaki Anda masih sakit. Pakailah sepatu lama yang bahannya sudah lemas atau flat sandal selama beraktivitas, untuk memberikan kesempatan kaki untuk pulih.

sumber; hanyawanita.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 4 Cara Manjakan Kulit Anda Setelah Berenang
  2. Tips Betis Mulus Bebas Bulu
  3. Paling Populer di Jepang! 6 Perawatan Kecantikan Berikut Ini
  4. Masker Mentimun, Bisa Segarkan Kaki Anda
  5. Tips Memiliki Kaki Yang Terkesan Jenjang
  6. Anggur Bisa Untuk Perawatan Kulit Kusam
  7. 5 Cara Mudah Atasi Kaki Pecah-pecah
  8. Cara Ampuh Singkirkan Bulu Kaki
  9. Inilah 6 Ramuan Alami Penghalus Tumit
  10. Manakah Yang Lebih Baik, Cukur Atau Waxing?


..
18 queries in 0.565 seconds.
eXTReMe Tracker