Inilah 4 Tips Mencegah Kaki Kapalan dan Tumit Pecah-pecah




Kecantikan –Kaki kapalan dan juga timit yang pecah-pecah adalah masalah umum yang sepele tapi mengurangi keindahan kulit kamu. Bagian tumit kita agak mirip seperti tomat. Jika kita terlalu menekannya, kulitnya akan mengembang dan terbelah.

Tumit akan gampang pecah-pecah bila setiap hari kita sering berdiri, memakai sepatu bagian belakang terbuka yang tidak mendukung tumit, atau membiarkan kulit kering. “Jika terlalu banyak gesekan pada kulit yang keras, lama-lama lapisannya akan terbelah. Masalahnya akan makin buruk karena makin tua lemak pada bantalan bawah kaki akan berkurang dan tubuh menggantinya dengan kapalan,” kata pakar kesehatan kaki Jacqueline Sutera.

Masalah tersebut tidak akan hilang sendiri jika kita abaikan. “Pecah-pecahnya makin lama makin dalam,” kata Sutera. Kondisi tumit pecah-pecah akan berbahaya, terutama pada penderita diabetes melitus atau yang punya gangguan sirkulasi darah karena bisa jadi jalan masuk infeksi. Cara terbaik menghindari tumit pecah-pecah adalah dengan mencegahnya. Hal itu berarti kita perlu melakukan perawatan rutin.

1. Haluskan kapalan
Kulit mati yang menumpuk memang buruk, demikian juga dengan cara eksfoliasi (pengangkatan sel kulit mati) yang tidak tepat. Menggosok terlalu kasar bisa membuat kulit makin pecah-pecah. Jadi, setiap habis mandi atau merendam kaki, saat kaki dalam kondisi bersih dan lembut, gunakan alat khusus untuk menggosoknya secara perlahan. “Gerakannya jangan maju mundur atau terlalu dalam. Target kita adalah mengangkat bagian atas dari kulit mati. Lakukan seminggu sekali,” kata Sutera.

2. Lembabkan
Segera lembabkan kaki dengan krim khusus. Pilih yang berbentuk krim, bukan losion karena terlalu tipis. Untuk hasil maksimal, pilih yang mengandung formula asam laktat, asam salisilat, atau asam uric, yang merupakan kandungan eksfoliasi.

3. Pakai kaus kaki S
etelah memakai krim kaki, maksimalkan penyerapannya dengan memakai kaus kaki saat tidur. Alternatif lain adalah membungkusnya dengan plastik.

4. Pilih alas kaki yang tepat
Memakai sepatu atau sandal dengan bagian bantalan tumit yang tepat juga bisa mencegah kapalan dan pecah-pecah. Bila ingin memakai sandal, Sutera menyarankan memakai bagian hak yang tebal dan juga penyokong bagian lengkungan.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Telapak Kaki Letih, Segarkan Kembali
  2. Cara Ampuh Singkirkan Bulu Kaki
  3. 4 Cara Manjakan Kulit Anda Setelah Berenang
  4. Inilah 5 Tips Perawatan untuk Menghaluskan Kulit Kaki
  5. Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kaki Terlihat Tak Indah
  6. 7 Tips Miliki Kaki Indah
  7. Inilah 5 Manfaat Minyak Buaya Untuk Kulit Anda
  8. Inilah 7 Tips Mempercantik dan Menyehatkan Kaki Anda
  9. Atasi Kaki Pecah-Pecah Dengan Gula Merah
  10. Kaki Anda Bau? Hilangkan Dengan 3 Cara Berikut Ini


.....
18 queries in 1.275 seconds.
eXTReMe Tracker