7 Tips Miliki Kaki Indah




Sebaiknya Anda tidak mengganggap remeh masalah kebersihan dan kesehatan kaki. Karena sering berada dalam kondisi tertutup, kaki juga menjadi salah satu tempat favorit bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan bau tak sedap.

Kaki juga termasuk bagian tubuh yang memiliki kulit paling kering. Itu sebabnya masalah kulit pecah-pecah di bagian tumit termasuk dalam problem kaki yang banyak dialami orang. Di Inggris bahkan diperkirakan sepertiga populasi di sana memiliki kulit tumit pecah-pecah.

Kulit pecah-pecah pada tumit berarti kulit dalam kondisi dehidrasi. Itu sebabnya cara terbaik untuk mencegahnya adalah menjaga kelembabannya. Berikut adalah langkah-langkah perawatan kaki yang perlu diketahui sehingga Anda makin percaya diri melangkah.

1. Hilangkan kulit mati
Kulit yang menebal disebabkan tekanan atau gesekan di kaki yang berlangsung terus-menerus sehingga terbentuk penebalan di bagian tumit, sisi atau telapak. Bila hal itu dibiarkan, lama-lama akan terbentuk kapalan.

Cara terbaik untuk mencegah penebalan kulit adalah rutin menghilangkan sel-sel kulit mati dengan alat semacam amplas kaki kemudian segera oleskan pelembab.

2. Atur pola makan
Apa yang kita makan ternyata punya pengaruh pada kesehatan kuku. Jika kuku terlihat pecah-pecah dan kering, mungkin Anda kekurangan lemak dan vitamin. Cukupi vitamin B12, C, E, zinc, dan biotin. Kekurangan zat-zat ini membuat kuku terlihat pecah-pecah, warnanya tak merata, serta mudah patah.

3. Pilih sepatu yang pas
Jangan hanya memilih sepatu berdasarkan model atau warna. Sepatu yang nyaman bukan hanya enak dibawa jalan, tetapi juga membuat kaki lebih sehat. Sepatu dengan bagian depan terlalu sempit juga bisa menyebabkan timbulnya pembengkakan jari atau kapalan.

4. Potong kuku dengan baik
Dalam merawat kuku, teknik menggunting yang baik adalah hal yang vital. Hindari memakai gunting untuk memotong kuku, gunakan alat pemotong kuku. Hindari memotong kuku terlalu pendek atau membuat kuku menancap ke kulit.

5. Waspada kuku kuning
Kuku berwarna kekuningan bisa terjadi karena Anda terlalu sering memakai cat kuku berwarna gelap. Untuk itu lakukan jeda tidak memakai cat kuku sekitar sebulan. Jika warna kuningnya tidak hilang, mungkin itu indikasi onychomycosis, infeksi jamur. Jika tidak ditangani, infeksi itu bisa menyebabkan kuku keras, rapuh, dan mudah pecah.

6. Lembabkan kulitnya
Membuat kulit kaki tetap lembab dan melakukan scrub secara teratur akan mencegah kulit keras, kapalan, ataupun timbul mata ikan. Jika kulit kaki Anda sangat kering, cobalah oleskan krim setiap malam. Pelembab kulit yang mengandung urea yang membuat air terikat di lapisan jaringan kalus disarankan untuk mencegah kekeringan.

7. Selalu kering
Athlete’s foot adalah infeksi jamur yang sering terjadi karena kaki sering berada dalam kondisi lembab. Cegah dengan cara membuat kaki dalam kondisi kering, mengganti kaus kaki dengan sering, serta tidak memakai kaus kaki yang lembab.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Anggur Bisa Untuk Perawatan Kulit Kusam
  2. Inilah 5 Tips Perawatan untuk Menghaluskan Kulit Kaki
  3. Inilah 5 Bahan Dapur ‘Alami’ Berikut Ini Bisa Muluskan Kaki Anda
  4. Atasi Kaki Pecah-Pecah Dengan Gula Merah
  5. 6 Tips Berikut Akan Membuat Kaki Anda Lebih Indah
  6. Tips Mempercantik Lutut, Salah Satu Syarat Kaki Seksi
  7. Tips Memiliki Kaki Yang Terkesan Jenjang
  8. Ternyata Kaki Juga Stres, Berikut Tips Menghindarinya
  9. Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kaki Terlihat Tak Indah
  10. Inilah 9 Cara Mudah Mengatasi Tumit Pecah-Pecah


..
26 queries in 1.018 seconds.
eXTReMe Tracker